KONI Jatim Sebut Tidak Ada Pelanggaran SOP dalam Kematian Atlet Tinju Bondowoso di Porprov

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Muhammad Faizin

12 September 2023 15:19 12 Sep 2023 15:19

Thumbnail KONI Jatim Sebut Tidak Ada Pelanggaran SOP dalam Kematian Atlet Tinju Bondowoso di Porprov Watermark Ketik
Wakil Ketua KONI sekaligus Wakil Ketua PB Porprov Jatim 2023 Irmantara Subagio (12/9/2023). (Foto: Rifat/Ketik.co.id)

KETIK, JOMBANG – Wakil Ketua II KONI Jatim sekaligus Wakil Ketua PB Porprov Jatim 2023, Irmantara Subagio menyebut tidak ada pelanggaran prosedur penanganan (SOP) oleh perangkat pertandingan maupun tim medis dalam kejadian meninggalnya Farhat Mika Rahel Riyanto (15).

Atlet tinju asal Kabupaten Bondowoso itu meninggal pada Selasa dini hari (12/9/2023) usai tanding di Porprov Jatim 2023.

"Tidak ada, ada videonya barang kali teman-teman nanti bisa mengakses. Itu ya seperti biasa, tinju seperti itu. Sudah dihitung, ya pukulan biasa tidak sampai keras. Kalau lihat videonya enggak (keras)," jelasnya di lokasi arena cabor tinju Porprov Jatim, Auditorium Undar Jombang, Selasa (12/9/2023).

Ibag sapaan akrabnya, mengatakan saat itu wasit sudah menghitung dan kedua atlet sudah bersiap untuk kembali memulai pertandingan.

"Dia sudah siap bertanding lagi. Terus agak sempoyongan sedikit, kemudian dipegang oleh wasitnya kemudian dibaringkan. Kemudian tim medis masuk, dibawa ke ambulans dan di rumah sakit," jelas Ibag.

Ia menegaskan lagi pertandingan cabor tinju Porprov Jatim sudah sesuai aturan dan tidak ada yang dilanggar dalam SOP tersebut. Atlet juga mengenakan sarung tangan petinju dan pengaman kepala yang sesuai standar olahraga tinju.

"Semua berjalan sudah sesuai dengan SOP,  tidak ada yang dilanggar. SOP (Cabor tinju) cukup ketat, apalagi atlet setiap hari harus timbang badan dan cek kesehatan," pungkasnya. 

Terpisah, Wakil Ketua Pertina (Persatuan Tinju Amatir Nasional) Jombang, Muhammad Jono selaku LO Cabor tinju Porprov menjelaskan di ronde 1 dan 2,  almarhum Farhat Mika Rahel Riyanto masih unggul dalam perolehan nilai. Namun, di ronde ketiga atlet asal Bondowoso itu terkena pukulan.

Menurut Jono, saat kejadian itu tindakan wasit dan pelatih kontingen Bondowoso sudah sesuai SOP.  "Tindakan wasit maupun pelatih sudah sesuai SOP," jelasnya.

Panitia Pelaksana (Panpel) cabor tinju Porprov Jatim 2023 sudah menghentikan sementara pertandingan perempat final atau babak penyisihan setelah kejadian ini. Keputusan itu menyusul kebijakan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Belum dapat dipastikan pertandingan cabor tinju untuk selanjutnya, yang bertempat di Auditorium Undar (Universitas Darul Ulum Jombang) apakah dilanjutkan atau tidak.(*)

Tombol Google News

Tags:

Porprov Jatim 2023 Tinju meninggal kabupaten bondowoso atlet meninggal Farhat Mika Rahel Riyanto