Konjen RI Sambut Kloter Terakhir di Jeddah, Ingatkan Jemaah Jaga Kesehatan

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

24 Juni 2023 21:02 24 Jun 2023 21:02

Thumbnail Konjen RI Sambut Kloter Terakhir di Jeddah, Ingatkan Jemaah Jaga Kesehatan Watermark Ketik
Jemaah haji Indonesia sampai di Jeddah. (Foto: Kemenag RI)

KETIK, SURABAYA – Fase kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang dua ke Tanah Suci telah berakhir. Hal ini ditandai dengan kedatangan jemaah haji kuota tambahan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 34 Embarkasi Batam (BTH-34).

Kloter terakhir jemaah haji Indonesia ini mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Sabtu (24/6/2023) sekitar pukul 03.46 Waktu Arab Saudi (WAS). 

Kedatangan 165 jemaah kloter BTH-34 ini disambut langsung oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Jeddah, Eko Hartono didampingi Kepala Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Haryanto dan jajaran.

Dalam sambutannya, Eko mengingatkan para jemaah untuk menjaga stamina dan kesehatan, apalagi operasional puncak ibadah haji tinggal tiga hari. Belum lagi cuaca di kota Makkah sangat panas.
"Silakan melakukan ibadah sunah tapi jangan berlebihan," katanya.

Ia menyampaikan syukur karena jemaah haji yang berasal dari Embarkasi Batam ini tiba dengan selamat di Jeddah. 

"Kami menyambut jemaah kloter terakhir dari Batam sebanyak 165 jemaah. Alhamdulillah tiba dengan selamat," ujar Eko.

Setelah istirahat sejenak di Plaza B3 Terminal Haji Bandara Jeddah, jemaah  dibawa ke Makkah menggunakan bus. Mereka akan melaksanakan ibadah umrah sekaligus persiapan menghadapi puncak haji.

Hingga closing date, total ada 558 kloter dengan jumlah 209.782 jemaah haji reguler yang telah tiba di Tanah Suci. Adapun rinciannya 276 kloter dengan 103.809 jemaah mendarat di Bandara Madinah, sementara 282 kloter dengan 105.973 jemaah mendarat di Bandara Madinah. (*)

Tags:

Kloter terakhir Jeddah Batam Eko Hartono