Konsumsi Makanan Ini Setelah Berolahraga Agar Tubuh Kembali Bertenaga

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 Juni 2023 22:00 9 Jun 2023 22:00

Thumbnail Konsumsi Makanan Ini Setelah Berolahraga Agar Tubuh Kembali Bertenaga Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Olah raga merupakan aktivitas yang menyehatkan. Olah raga pun dapat dilakukan di luar atau di dalam ruangan.

Melakukan olahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Selain itu olahraga juga berguna untuk menurunkam berat badan.

Seringkali setelah berolahraga kita merasa lapar, hal ini sangat wajar karena otot akan kekurangan glikogennya dan beberapa protein di otot juga dapat pecah serta rusak. Oleh sebab itu makan setelah berolah raga sangat penting agar tubuh kembali ber energi.

Namun tetap diperhatikan mengenai makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai olah ragamu menjadi sia-sia karena salah memilih makanan.

Oleh karena itu, berikut beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi setelah berolahraga untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dengan cepat sehingga mempercepat pemulihan.

1. Protein Susu

Protein susu dapat merangsang sintesis protein di otot sehingga dapat membantu pemulihan setelah berolahraga. tidak hanya melulu susu cair, kamu bisa mendapatkan protein susu dari yogurt Yunani, keju ricotta, dan kefir.

Selain itu, protein juga mengandung semua asam amino esensial. Protein susu juga lebih efektif dalam mendukung pertumbuhan massa otot tanpa lemak.

2. Telur

Rasanya sudah menjadi rahasia umum jika telur mengandung protein yang baik untuk perkembangan otot setelah berolahraga. Sebuah studi 2017 menyarankan bahwa mengonsumsi telur utuh setelah latihan ketahanan dapat menghasilkan lebih banyak sintesis protein.

3. Karbohidrat 

Karbohidrat merupakan makro nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali tenaga yang terkuras setelah berolahraga. Karbohidrat dapat dengan mudah diolah oleh tubuh untuk menjadi energi, sehingga tubuh dapat kembali bertenaga.

4. Air

Saat berolahraga mengkonsumsi air putih yang cukup sangat penting agar tubuh tetap terhidrasi. Namun jangan lupa setelah berolahraga konsumsi air putih juga sangat penting untuk mengembalikan elektrolit yang hilang dari tubuh.(*)

Tags:

Olahraga kesehatan Protein otot tenaga makanan