Konsumsi Secara Bijak, Inilah Fakta Mengenai Minuman Isotonik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

15 Februari 2023 08:31 15 Feb 2023 08:31

Thumbnail Konsumsi Secara Bijak, Inilah Fakta Mengenai Minuman Isotonik Watermark Ketik
Ilustrasi orang melepas dahaga setelah berolahraga. (Foto: Ketut Subiyanto/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sebuah minuman isotonik kerap dijadikan teman pelepas dahaga setelah berolahraga. Minuman ini dipercaya dapat menggantikan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Pun ketika sedang beraktivitas di luar dan cuaca sedang panas-panasnya, minuman isotonik juga kerap dicari karena menyegarkan.

Saat kita berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan dengan cucaca yang panas, tubuh rentan akan dehidrasi. Dehidrasi sendiri adalah kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak dari pada yang dikonsumsi. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh tidak berfungsi secara normal.

Minuman isotonik memiliki kandungan elektrolit yang menyerupai garam di dalam tubuh. Karena hal tersebut, minuman isotonik dapat dengan cepat mengganti gula dalam tubuh yang hilang. Selain minuman isotonik buatan yang ada dipasaran kita dapat mengkonsumsi air kelapa yang merupakan isotonik alami.

Selain menghilangkan rasa haus akibat dehidrasi dengan cepat, minuman isotonik dapat mendatangkan manfaat bagi tubuh. Terlebih jika cuaca sedang panas dan tubuh kehilangan banyak cairan. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat mengkonsumsi minuman elektronik.

1. Cepat Menyerap

Karena memiliki kandungan elektrolit yang menyerupai garam di dalam tubuh. Minuman isotonik mudah memasuki aliran darah dan menyerap dalam tubuh daripada minuman lainnya. Tubuh akan lebih cepat pulih dari dehidrasi saat mengkonsumsi cairan isotonik.

2. Mengembalikan tenaga

Karena mengandung berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh minuman isotonik dapat dengan cepat mengembalikan tenaga agar segera pulih. Hal ini karena kandungan karbohidrat dan gula di dalam cairan elektrolit. Oleh karena itu orang dengan aktivitas padat dan di luar ruangan. banyak yang mengkonsumsi minuman isotonik. Sebab selain membuat tenaga cepat pulih, tubuh menjadi lebih segar saat minum cairan isotonik.

3. Berbeda dengan minuman berenergi

Minuman isotonik termasuk jenis sport drink atau minuman olahraga yang memiliki kandungan bermanfaat untuk tubuh, yaitu karbohidrat, mineral, dan elektrolit. Sementara itu, minuman berenergi lebih banyak mengandung zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, seperti kafein, taurin, guarana, keratin, dan zat adiktif lainnya yang bermanfaat untuk menstimulasi kerja tubuh.

4. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Karena berbagai aktivitas yang dilakukan cairan dalam tubuh dapat berkurang keseimbangannya. Zat elektrolit didalam minuman isotonik dapat mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh dengan cepat. Zat-zat seperti sodium, potasium, kalsium, magnesium dapat kembali tergantikan dengan meminum cairan isotonik. Hal tersebut membuat cairan di dalam tubuh tetap terjaga dan seimbang.

5. Tidak Untuk dikonsumsi setiap hari

Meskipun baik dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh, meminum cairan isotonik tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Hal ini karena kandungan gula dan sodiumnya yang cukup tinggi, sehingga jika terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai dampak negatif seperti kenaikan berat badan, dan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Minuman isotonik juga dapat memperberat kinerja ginjal. Jika kamu mengonsumsi minuman ini tanpa disertai aktivitas fisik seperti olahraga, oleh sebab itu air putih tetap merupakan cairan terbaik bagi tubuh untuk menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan cairan tubuh. Oleh sebab itu konsumsi minuman isotonik secara bijak sesuai dengan kebutuhan anda.(*)

Tombol Google News

Tags:

Olahraga minuman isotonik dehidrasi cairan tubuh elektrolit