Koordinasi Penanganan Bencana, Pemkab Bojonegoro Gelar Rapat Bersama BBWS Solo

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

28 Februari 2024 16:20 28 Feb 2024 16:20

Thumbnail Koordinasi Penanganan Bencana, Pemkab Bojonegoro Gelar Rapat Bersama BBWS Solo Watermark Ketik
Suasana rapat antara Pemkab Bojonegoro dengan BBWS Solo. (Foto: Pemkab Bojonegoro)

KETIK, BOJONEGORO – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan BBWS Solo Bojonegoro di ruang pertemuan Dinas PU SDA, Selasa, (27/092/2024). 

Kepala Dinas PU SDA Bojonegoro Heri Widodo menyampaikan kegiatan ini dilakukan sebagai wujud sinergitas dalam penanganan mitigasi bencana di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat Sungai Bengawan Solo yang melewati wilayah Bojonegoro rentan meluap di musim hujan.

"Tujuannya untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana sungai di wilayah Kabupaten Bojonegoro," jelasnya.

Lebih lanjut, Heri Widodo menambahkan rapat ini juga dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan terkait pemanfaatan sumber daya atau personil, dana, material, peralatan dan mitigasi bencana dalam pengelolaan sumber daya air. 

"Yang paling penting menghindari terjadinya tumpang tindih penanganan kegiatan,” tambahnya.

Untuk diketahui bahwa ruang lingkup draft nota kesepakatan kerja sama ini meliputi koordinasi, sinkronisasi dan sinergi untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai Bengawan Solo yang masuk ke dalam wilayah administrasi kabupaten Bojonegoro. 

“Semoga pembahasan draft nota kesepakatan bersama ini segera selesai dan dapat menjadi landasan hukum atau aturan yang dapat digunakan baik dalam pemanfaatan, pemeliharaan, pelaksanaan pembangunan sumber daya air bahkan dalam mitigasi bencana,” harapnya.(*)

Tags:

Pemkab Bojonegoro BBWS Solo Sungai Bengawan Solo mitigasi bencana Rapat koordinasi