Korsleting AC di Kamar Lantai Dua, Rumah di Manyar Indah VI Surabaya Hangus Terbakar

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

22 Februari 2024 20:28 22 Feb 2024 20:28

Thumbnail Korsleting AC di Kamar Lantai Dua, Rumah di Manyar Indah VI Surabaya Hangus Terbakar Watermark Ketik
Petugas pemadam kebakaran memblower asap yang menyelimuti salah satu kamar yang terbakar, Kamis (22/2/2024). (Foto: Pemadam Kebakaran Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Diduga alami korsleting listrik dari Air Conditioning (AC) di lantai dua membuat kamar yang ada di rumah Jalan Manyar Indah VI hangus terbakar. Sebanyak 9 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

"Diduga adanya aliran arus pendek dadi AC yang ada di kamar di lantai dua karena pemilik rumah melihat kepulan asap hitam dari dalam kamar," ucap Kabid Darlog BPBD Linmas Surabaya Buyung Hidayat, Kamis (22/2/2024).

Buyung menjelaskan dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa lantaran pemilik rumah langsung keluar. "Jadi mengetahui asap hitam pemilik rumah langsung keluar dan melaporkan ke petugas keamanan perumahan," jelasnya.

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu pemilik rumah dr. Irma Rizkika Marjianto melihat adanya asap hitam dari dalam rumah. Saat itu pemilik rumah langsung melaporkan ke satpam komplek yang akhirnya melaporkan kejadian ini ke panggilan darurat 112 untuk dilakukan pemadaman.

Dari sana 9 unit mobil pemadam diterjunkan dan dilakukan pemadaman hingga pembasahan. Selain itu, petugas menggunakan blower untuk menyedot asap yang ada dari dalam kamar.

Kira-kira 50 menit petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang membakar kamar. Dengam kebakaran ini, maka pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. (*)

Tags:

panggilan darurat 112 BPBD Surabaya Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya Surabaya Kejadian di Surabaya