Kronologi Kebakaran Rumah Milik Petani di Desa Blu'uran Sampang, Kerugian Ditaksir Rp70 Juta

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Mustopa

4 Agustus 2024 09:15 4 Agt 2024 09:15

Thumbnail Kronologi Kebakaran Rumah Milik Petani di Desa Blu'uran Sampang, Kerugian Ditaksir Rp70 Juta Watermark Ketik
Rumah Milik Wefa (55) Warga Desa Blu'uran Kecamatan Karang Penang yang Dilalap Api, Minggu, 04/08/2024. (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

KETIK, SAMPANG – Dua unit rumah dan satu dapur milik Wefa (55) warga Dusun Angsanah, Desa Blu'uran, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ludes terbakar pada Minggu (04/08/2024) sekitar pukul 09.30 WIB.

Aminuddin, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Karang Penang menjelaskan kronologi kebakaran yang menimpa rumah Wefa.

Berawal dari ketika pemilik rumah pergi ke sawah untuk memanen tembakau sekitar pukul 09.00 WIB. Saat korban atau pemilik rumah sudah di ladang tembakaunya sekitar pukul 09.30 WIB, Wefa mendapat kabar dari tetangganya kalau rumahnya sedang terbakar.

"Mendapat kabar tersebut pemilik rumah langsung kembali ke rumahnya dan berusaha bersama tetangga sekitar untuk memadamkan api, akan tetapi karena lokasi kejadian sulit air dan api sudah membesar sehingga rumah tidak bisa terselamatkan dan membakar habis fisik bangunan yang terbuat dari kayu", ujarnya.

Akibat kejadian ini, imbuh Aminuddin, dua unit rumah dan dapur milik Wefa (55) warga Dusun Angsanah Desa Blu'uran habis dilalap api dengan kerugian sekitar tujuh puluh juta rupiah.

"Penyebab kejadian kebakaran ini masih belum diketahui. Namun akan melaporkan ke Dinas Sosial PPPA setempat supaya untuk ditindak lanjuti dan korban mendapatkan bantuan tanggap darurat dari Pemerintah", pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Viral di berbagai grup WhatsApp, video rumah warga di Dusun Angsanah, Desa Blu'uran, Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, dimakan sijago merah, Minggu (04/08/2024).

Berdasarkan video viral beredar berdurasi 14 dan 18 detik yang diterima Ketik.co.id, memperlihatkan seorang laki-laki dan seorang wanita nangis histeris dan panik.

Dalam video yang berdurasi 18 detik itu terdengar suara laki-laki yang meneriakkan kebakaran.

"Alhamdulillah, penghuni rumahnya di luar semua kecuali barang-barangnya," ungkap pria dalam video tersebut. 

Terpisah, Yasid Bustomi Camat Karang Penang saat dikonfirmasi melalui WhatsApp pribadinya membenarkan bahwa di Dusun Angsanah, Desa Blu'uran ada rumah warga yang dilalap api.

"Rumah Misyani di Dusun Angsanah Desa Blu'uran dilalap api. Kejadian sekitar 10.45 -11.00 WIB, penyebab kemungkinan korsleting listrik", pungkasnya singkat.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kronologi kebakaran Rumah Kebakaran Petani tembakau Desa Blu'uran kerugian