Kwarda Jatim Bangga, Kwarcab Kabupaten Malang Sudah Hasilkan Produk UMKM 1 Gudep 1 Wirausaha

Jurnalis: Gumilang
Editor: Naufal Ardiansyah

6 Februari 2024 11:39 6 Feb 2024 11:39

Headline

Thumbnail Kwarda Jatim Bangga, Kwarcab Kabupaten Malang Sudah Hasilkan Produk UMKM 1 Gudep 1 Wirausaha Watermark Ketik
Wakil Sekretaris I Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Kiagus Firdaus, saat sambutan pada Rakercab Kwarcab Kabupaten Malang. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kwarda Gerakan Pramuka Jatim bangga terhadap Kwarcab Kabupaten Malang yang telah menghasilkan Produk UMKM Pramuka Produktif.

Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris I Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Kiagus Firdaus, saat memberikan sambutan acara Rakercab Pramuka Kabupaten Malang, Selasa (6/2/2024).

Pengembangan Pramuka melalui UMKM ini sesuai pesan Kamabida Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kwarda Jatim HM Arum Sabil yakni memperjuangkan progam 1 gugus depan 1 produk UMKM.

"Alhamdulillah tadi kami menyaksikan langsung satu gudep satu wirausaha dan itu sudah terwujud sebagai bukti Pramuka Produktif. Di sini minuman dan makanan yang dihidangkan produksi kader Pramuka. Ini bagus dan menjadi contoh untuk Kwarcab yang lain," kata Kia.

Salah satu produk unggulannya adalah Buntang 2 Tunas, sebuah produk susu karya SMA Islam Kepanjen Malang. 

Kia melanjutkan, Kwarda Jatim menitipkan pesan untuk Bupati Malang Sanusi agar aktif memberikan dukungan terhadap Pramuka di Kabupaten Malang.

"Pramuka produktif di mana kami punya target dan punya program itu mewujudkan satu gugus depan itu ada satu wirausaha, artinya nanti Pramuka itu tidak hanya tali temali dan sandi," sebutnya.

Suasana pembukaan Rakercab Kwarcab Kabupaten Malang. (Foto: Nata Yulian/ketik.co.id).

Hal yang sama disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna. Ia menyebutkan Pramuka di Kabupaten Malang sudah memiliki produk UMKM Produktif.

"Pramuka produktif itu seperti apa itu mulai kita terapkan ke ke mereka semuanya. Sehingga mereka itu dalam menatap masa depan itu sudah optimis jadi optimis bahwa saya punya potensi seperti ini," ucapnya di tempat yang sama.

Wakil Sekretaris I Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Kiagus Firdaus dan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna ketika menunjukkan produk UMKM Pramuka Produktif saat Rakercab Kwarcab Kabupaten Malang. (Foto: Nata Yulian/ketik.co.id).

Ia mengatakan, perlu pengembangan wirausaha bagi anggota Pramuka. "Kegiatan kepramukaan itu kita sisipkan ya namanya kewirausahaan ya iya satu ya satu produk satu wirausaha itu artinya juga memberikan kesempatan," ungkapnya.

"Barangkali anak-anak punya karya punya skill potensi yang bisa itu yang kita ika apa kita tekankan di sana seperti itu. Jadi bukan hanya sekedar pendidikan saja, tetapi di situ ada sesuatu yang nantinya membuat mereka itu menjadi bahagia," sambungnya.

Sebagai informasi, Rakercab Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Malang juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang yang mewakili Bupati Malang Sanusi dan sejumlah pejabat serta Kepala OPD Pemkab Malang. (*)

Tags:

Kwarda Jatim Kwarcab Kabupaten Malang Pramuka Kabupaten Malang Gerakan Pramuka