Kwarda Jatim Simulasikan Program Makan Pagi Bergizi Gratis Bersama Kwarnas untuk Pelajar

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

23 Juni 2024 08:23 23 Jun 2024 08:23

Thumbnail Kwarda Jatim Simulasikan Program Makan Pagi Bergizi Gratis Bersama Kwarnas untuk Pelajar Watermark Ketik
Adik-adik pramuka saat persiapan makan bersama (Foto: Istimewa)

KETIK, JEMBER – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur menggelar rapat koordinasi persiapan simulasi makan pagi bergizi gratis bersama Kwarnas Gerakan Pramuka di City Forest and Farm Arum Sabil, Kabupaten Jember pada Minggu (23/6/2024) pagi

Dalam waktu dekat, Kwarda Jatim bersama Kwarnas dan stakeholder akan segera melakukan simulasi program makan bergizi gratis bagi anak sekolah yang direncanakan di P4S Taruna Bhumi.

Ketua Kwarda Jatim, H. M. Arum Sabil menyambut kedatangan Sekjen Kwarnas, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo untuk memberikan pendampingan kepada pengurus Kwarda Jatim.

Gerakan Pramuka memiliki andil yang sangat besar untuk menyukseskan program makan bergizi gratis, mengingat pergerakannya hingga gugus depan satuan pendidikan.

“Mengingat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka bahwa siapapun yang tergabung dalam sistem pemerintahan maupun profesi lainnya, semua tergabung dalam pramuka,” ungkap Arum Sabil.

Hal itu juga mengatur aspek pendidikan kepramukaan, kelembagaan, tugas dan wewenang Pemerintah dan pemerintah daerah, hak dan kewajiban para pemangku kepentingan, serta aspek keuangan Gerakan Pramuka. Untuk secara sukarela mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa.

Sementara, Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Bachtiar, menyampaikan banyak aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan program makan bergizi.

“Dalam pembangunan sumber daya manusia, salah satunya ditentukan oleh asupan gizi. Program makan bergizi gratis ini menyehatkan seluruh anak Indonesia,” ujarnya.

Harapannya, seluruh Gerakan Pramuka ikut membantu mewujudkan program tersebut sehingga terjadi domino effect. Dengan gizi baik akan mencegah anak-anak stunting, dan mencerdaskan generasi muda.

Sebab itu, program makan bergizi bagi anak sekolah ini harus disiapkan dengan matang. Melibatkan profesional baik dari ahli gizi yang menentukan menu-menu sehat, maupun juru masak yang memperhatikan higienitas bahan dan peralatan.

“Jangan sampai asal-asalan, makanan yang diolah dan disajikan harus bergizi dan rasanya enak serta disajikan dengan pelayanan prima, cepat dan tepat waktu. Untuk anak sekolah menjunjung indonesia emas 2045,” pungkasnya.(*)

Tags:

Kwarda Jatim Kwarnas Gerakan Pramuka Makan gratis Prabowo-gibran Pramuka
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1