KWB Bergizi Bergulir, Dukung Program Makan Siang Gratis

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

28 Oktober 2024 15:30 28 Okt 2024 15:30

Thumbnail KWB Bergizi Bergulir, Dukung Program Makan Siang Gratis Watermark Ketik
Forkopimda Kota Batu melakukan foto bersama usai menyerahkan KWB Bergizi ke siswa SDN Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Senin 28 Oktober 2024.(Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dalam semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu melaksanakan program Kota Wisata Batu (KWB) Bergizi, Senin 28 Oktober 2024.

KWB bergizi adalah sebuah kegiatan berbagi makanan sehat dan bergizi kepada siswa-siswi SD di Kota Batu. 

Program KWB bergizi kali ini menyasar siswa SDN Torongrejo 1, 2 dan 3 Kecamatan Junrejo. Serta TK Cendekia, Paud Mawar dan Mawar Kuning. Dengan jumlah keseluruhan mencapai 436 siswa.

"Kami uji coba pelaksanaan kegiatan KWB makan bergizi gratis bagi siswa yang ada di Kota Batu. Program pemerintah pusat apapun itu kita harus dukung," kata Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

Aries menyampaikan, KWB Bergizi sejalan dengan upaya Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabumi Raka untuk menekan stunting. Serta meningkatkan gizi siswa sekolah diseluruh Indonesia untuk mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas, dan kompeten sebagai penerus bangsa.

"Dukungan kami, artinya kita harus mempersiapkan regulasinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan infrastruktur dan segala macam," urainya.

Aries menegaskan, KWB bergizi gratis ini mengatakan jika program ini untuk menunjukkan Kota Batu siap mendukung dan melaksanakan pelaksanaan program makan gratis bergizi Presiden dan Wapres 

Oleh sebab itu dari uji coba itu, pihaknya melihat sudah lebih matang mempersiapkan diri, karena membutuhkan berbagai pihak yang saling membantu di dalam Program tersebut.

"Maka, kami Forkopimda lengkap, sama-sama ingin melihat secara langsung bagaimana proses ini dapat dilaksanakan sebaik mungkin," jelasnya.

Sementara itu,Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata juga menambahkan, kegiatan program makan bergizi gratis di Kota Batu ini dilakukan untuk menunjukkan Kota Batu siap mendukung dan melaksanakan program pemerintah pusat.

Menurutnya, momentum Sumpah Pemuda menjadi saat yang tepat untuk memberikan perhatian lebih pada kesehatan generasi muda.

"KWB bergizi sebagai sarana uji coba dan evaluasi apa kekurangan, juga apa saja yg dapat disempurnakan pada program makan gratis bergizi di Kota Batu kedepan sesuai arahan PJ Walikota Batu tentunya," katanya.

Kapolres menyebutkan, KWB bergizi gratis di Kota Batu itu dengan komposisi menu antara lain susu, mineral, roti, telur rebus, dan pisang. Estimasi harga paket makan bergizi gratis di Kota Batu ini senilai Rp 23 ribu.

"Berdasarkan Dokkes Polres Batu estimasi kalori sebesar 600 kalori menyesuaikan kebutuhan kalori harian anak usia 7-12 tahun yang berkisar antara 1800 sampai 1900 kalori," jelas Kapolres.

Menurut AKBP Andi Yudha, berharap KWB bergizi dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus mendukung peningkatan kualitas hidup generasi muda Indonesia. Ke depan, kegiatan serupa diharapkan dapat dilaksanakan di lebih banyak sekolah. Sebagai upaya berkelanjutan dalam mencetak generasi yang sehat, cerdas, dan tangguh.

"Tujuannya mengatasi stunting dan meningkatkan gizi anak yang berpengaruh kepada kecerdasan anak nanti," tegasnya.

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu KWB bergizi Makan siang gratis Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Forkopimda Kota Batu