Lagi Musim Durian, Berikut Manfaat dan Bahayanya untuk Kesehatan

Jurnalis: Millah Irodah
Editor: M. Rifat

19 Januari 2023 03:48 19 Jan 2023 03:48

Thumbnail Lagi Musim Durian, Berikut Manfaat dan Bahayanya untuk Kesehatan Watermark Ketik
Buah durian. (Foto: Gooddurian.id)

KETIK, SURABAYA Di bulan Januari seperti saat ini, dengan mudah kita menemukan para penjual buah durian di pinggir jalan. Bagi para pecinta buah berduri tersebut, baunya sangat menggoda. Namun, ada juga yang tidak suka karena aromanya yang terlalu menyengat itu.

Dilansir dari Honestdoc, berikut manfaat dan bahaya buah durian bagi kesehatan kita.

Manfaat durian bagi kesehatan

1. Mengendalikan kadar gula darah

Durian memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55. Semakin rendah indeks glikemik makanan, maka tubuh akan semakin lambat menyerap karbohidrat sehingga gula darah tidak cepat melonjak.

Nutrisi dalam durian juga dapat mencegah penyerapan glukosa berlebih dan merangsang pelepasan insulin. Dengan demikian, kadar gula darah Anda akan tetap dalam batas aman setelah makan durian. Namun ingat, manfaat durian ini bisa didapatkan selama dikonsumsi dalam batas wajar

2. Melawan infeksi

Baik kulit maupun daging durian mengandung sifat antibakteri yang bisa membantu melawan infeksi. Dengan makan durian saja, daya tahan tubuh Anda akan tetap terjaga sehingga Anda pun tidak mudah sakit.

3. Mencegah penyakit jantung

Siapa sangka bahwa makan durian ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Sebab, kandungan vitamin dan mineral pada durian dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh jadi tetap lancar.

Selain itu, dinding pembuluh darah Anda pun juga tetap sehat tanpa adanya timbunan plak maupun kolesterol. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menurunkan risiko kanker

Kabar baiknya, manfaat durian juga dapat menurunkan risiko kanker. Pasalnya, durian memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas. Bahkan menurut sebuah studi, ekstrak durian dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara.

Bahaya Durian jika dikonsumsi berlebih

1. Memicu obesitas

Walaupun tidak mengandung kolesterol, jumlah kalori dalam durian ternyata cukup tinggi. Dilihat dari kandungan gizinya, setiap 100 gram atau sekitar 3-4 biji durian ukuran sedang, mengandung 150 kalori.

Kandungan kalorinya yang tinggi memang bisa memicu obesitas. Ketika seseorang sudah terkena obesitas, maka ia akan lebih berisiko mengalami penyakit kronis lainnya seperti jantung dan diabetes.

2. Meningkatkan detak jantung

Bagi Anda yang punya riwayat penyakit jantung, sebaiknya hindari makan durian terlalu banyak. Sebab, kebanyakan makan durian bisa meningkatkan detak jantung sehingga berbahaya bagi orang yang jantungnya bermasalah.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam International Journal of Food Properties pada 2015 silam. Para ahli menemukan bahwa peserta yang tubuhnya sehat mengalami peningkatkan detak jantung setelah makan 500 gram durian.

Efek tersebut bahkan langsung terasa setelah 30 menit sampai 2 jam kemudian. Sementara bagi peserta yang hanya sedikit makan durian tidak mengalami hal serupa.

Foto Penjual durian di pinggir jalan. (Foto: Istimewa)Penjual durian di pinggir jalan. (Foto: Istimewa)

Lalu, apa benar durian bisa menyebabkan kematian?

Anda mungkin pernah mendengar ada orang yang meninggal mendadak setelah makan durian. Berdasarkan kasus tersebut, muncul berbagai dugaan bahwa makan durian bisa menyebabkan kematian. Apa benar begitu?

Perlu ditegaskan bahwa durian merupakan buah yang aman dikonsumsi. Namun, bukan berarti Anda boleh menyantap durian dalam jumlah banyak, terutama bila Anda mengalami obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Durian terlalu matang mengalami fermentasi sehingga mengandung alkohol. Kandungan alkohol tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh (thermogenesis). Akibatnya, metabolisme tubuh jadi meningkat sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Bagi penderita hipertensi, hal ini tentu bisa meningkatkan tekanan darah hingga berkali-kali lipat. Pembuluh darah lama-kelamaan bisa pecah dan menyebabkan kematian.

Namun tak perlu khawatir. Orang yang tekanan darah dan gula darahnya normal semestinya tidak akan mengalami hal ini.

Kuncinya adalah pilihlah durian yang tidak terlalu matang dan konsumsi dalam batas wajar sekitar 1-2 biji. Dengan begitu, Anda bisa meraup manfaat durian dengan maksimal dan terhindar dari bahayanya.(*)

Tags:

durian duren musim buah