Lakukan Perekrutan Mahasiswa, Unitri Buka Peluang Kerja Sama dengan PT Asian Agri

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

14 Maret 2024 13:34 14 Mar 2024 13:34

Thumbnail Lakukan Perekrutan Mahasiswa, Unitri Buka Peluang Kerja Sama dengan PT Asian Agri Watermark Ketik
Para mahasiswa Unitri yang menyimak sosialisasi dari PT Asian Agri. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang mengundang PT Asian Agri untuk melakukan sosialisasi Program Graduate Trainee Asian Agri. Program tersebut sekaligus membuka peluang kerja sama keduanya dalam perekrutan karyawan dari mahasiswa maupun alumni Unitri.

Dekan Fakultas Pertanian Unitri, Dr Amir Hamzah, MP. menjelaskan meskipun tak ada kuota khusus bagi Unitri namun ia berharap banyak alumni yang dapat terserap untuk bekerja di PT Asian Agri.

""Tidak ada patokan karena dia hanya memotret kira-kira dari sekian alumni ada atau tidak yang memenuhi kualifikasi. Kebetulan spesifikasinya di bidang pertanian dan lima program studi yang kami miliki bisa masuk (kualifikasi) semua," ujar Amir usai sosialisasi pada Kamis (14/3/2024).

Dalam kegiatan tersebut terdapat hampir 100 mahasiswa maupun alumni yang hadir secara daring maupun luring. Dari keseluruhan mahasiswa yang datang, setidaknya terdapat lima mahasiswa yang lolos hingga tahap akhir.

"Memang alumni kita cukup banyak yang bekerja di kelapa sawit di Kalimantan, Sumatra, Papua tapi kalau dengan perusahaan ini belum sama sekali," lanjutnya.

Foto sosialisasi Program Graduate Trainee Asian Agri di Unitri. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)sosialisasi Program Graduate Trainee Asian Agri di Unitri. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Sementara itu Sugiman selaku Lead Talent Acquisition PT Asian Agri mengungkapkan kesempatan bagi mahasiswa Unitri terbuka lebar untuk mengikuti program tersebut. Terlebih Unitri merupakan kampus dengan mahasiswa yang berasal dari beragam daerah.

"Kita memberikan kesempatan untuk alumni unitri bisa gabung dengan kita karena ada beberapa pengembangan operasional ke tempat-tempat lain. Apalagi manajemen kampus Unitri sangat antusias untuk memberikan kesempatan pada kita datang untuk melakukan perekrutan," jelasnya.

Mahasiswa tersebut berpeluang untuk menempati posisi Estate Assistant Training yang dikhususnya bagi Jurusan Pertanian. Setelah melakukan sosialisasi, pendaftar harus mengikuti seluruh proses seleksi.

"Selanjutnya ada sesi psikotes sampai interview dan sesi tes kesehatan. Kalau sudah melewati semua sesi baru bisa bergabung dengan program kita. Semua proses rekrutmen dari awal sampai bergabung tidak dikenakan biaya apapun," kata Sugi.

Hingga kini PT Asian Agri telah mendatangi berbagai kampus di Indonesia untuk sosialisasi program tersebut. Perlu diketahui bahwa total perkebunan yang dimiliki PT Asian Agri mencapai 50 kebun dengan luas 175.000 hektar. Selain itu terdapat 22 pabrik kelapa sawit, 11 KCP, dan 10 Biogas yang saling terintegrasi.

"Pendaftaran kita sudah buka per 1 Maret 2024 sampai akhir April 2024. Nanti keberangkatan estimasi di bulan Juni, dan pada bulan Mei sudah proses administrasi apa saja yang perlu dilengkapi untuk join ke kita. Saya harapannya banyak dari mahasiswa Unitri yang bergabung dengan program ini," tutupnya.(*)

Tags:

Program Graduate Trainee Asian Agri Asian Agri Rekrutmen Kampus Unitri Universitas Tribhuwana Tunggadewi Kota Malang Loker Mahasiswa