Lama Terbengkalai, Pemkot Malang Minta GOR Velodrom Dihibahkan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

22 Desember 2023 22:15 22 Des 2023 22:15

Thumbnail Lama Terbengkalai, Pemkot Malang Minta GOR Velodrom Dihibahkan Watermark Ketik
Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sudah lama tak terdengar kabar revitalisasi terhadap GOR Velodrome yang berada di Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Pemerintah Kota Malang mulai mengajukan permohonan terkait penghibahan gedung olahraga tersebut.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi menjelaskan surat tersebut ditujukan kepada Pemprov Jatim supaya GOR Velodrome dapat dihibahkan kepada Pemkot Malang.

"Beberapa waktu lalu itu kami sudah rapat atau komunikasi dengan pak Pj Wali Kota Malang membahas Velodrome. Salah satu poinnya, kami berharap Velodrome bisa dihibahkan kepada kami. Kami sudah mulai menyusun dan membuat surat permohonan untuk disampaikan kepada Pemprov Jatim," ungkap Baihaqi, Sabtu (23/12/2023).

Selama ini GOR Velodrome masih berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Perbaikan dan perawatan pun tak dapat dilaksanakan mengingat tidak adanya kewenangan yang dimiliki Pemkot Malang.

"Kalau GOR Velodrome dihibahkan, kami baru bisa melakukan revitalisasi atau perbaikan. Selama ini kami tidak bisa, karena tanahnya itu memang tanahnya Pemkot Malang, akan tetapi bangunan gedungnya itu punya provinsi. Tentu kami berharap bisa dihibahkan ke Pemkot Malang," tuturnya.

Dengan diserahkannya kepada Pemkot Malang, Baihaqi berharap dapat memaksimalkan fungsi GOR Velodrome dengan lebih baik. Apabila rencana tersebut berhasil maka dapat berimbah pada sport tourism yang ada di Kota Malang.

Terlebih peminat olahraga balap sepeda saat ini terus berkembang, baik berasal dari luar kota maupun di dalam Kota Malang sendiri. Olahraga lainnya pun juga dapat dikembangkan, salah satunya ialah olahraga sepatu roda.

"Artinya potensi kita mendapatkan prestasi bisa lebih besar. Termasuk potensi untuk pengelolaannya juga kan bagus," sebut Baihaqi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Disporapar Kota Malang GOR Velodrome Kota Malang sport tourism revitalisasi gedung