Lantik 90 Panwascam se-Halmahera Selatan, Rais Kahar: Utamakan Pencegahan di Tiap Tahapan

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

26 Mei 2024 01:26 26 Mei 2024 01:26

Thumbnail Lantik 90 Panwascam se-Halmahera Selatan, Rais Kahar: Utamakan Pencegahan di Tiap Tahapan Watermark Ketik
Dua perwakilan Panwascam saat Pembacaan Fakta Integritas membelakangi Ketua Bawaslu Halmahera Selatan, Rais Kahar (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Ketua Bawaslu Halmahera Selatan (Halsel) Rais Kahar resmi melantik dan mengambil sumpah 90 orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Sabtu, (25/5/2024) di Ballroom Hotel Buana Lipu Bacan Selatan. Mereka akan bertugas di 30 kecamatan yang ada di Halsel pada tahapan Pilkada 2024 ini. 

Pelantikan ini berdasarkan hasil seleksi evaluasi kinerja Panwascam (Exsisiting) pada Pemilu serentak Februari 2024 lalu. Dalam evaluasi, 62 dinyatakan existing atau terpilih kembali, dan  28 orang lain merupakan hasil rekrutmen terbaru. 

Rais Kahar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Panwascam. Rais menegaskan, Panwascam yang baru dilantik harus bekerja sesuai prosedur yang berlaku.

 

Foto Penandatanganan Fakta Integritas oleh Panwascam yang disaksikan oleh ketua Bawaslu dang Anggota (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)Penandatanganan Fakta Integritas oleh Panwascam yang disaksikan oleh ketua Bawaslu dang Anggota (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

 

"Setelah dilantik segera balik ke masing-masing kecamatan untuk melaksanakan Tahapan Pemilihan yang sudah Mulai berjalan. Sementara ini ada tahapan rekrutmen jajaran pengawas pemilu lapangan atau PKD. Pastikan semua proses sesuai prosedur yang berlaku,” tegasnya. 

Selain itu, Rais juga berpesan agar dalam menjalankan tugas, para anggota Panwascam mengutamakan pencegahan di setiap tahapan Pilkada 2024. 

“Kepada saudara saudari yang baru dilantik ini, utamakan langka pencegahan pada setiap tahapan yang diawasi. Karena tugas utama Bawaslu dan jajaran sangat jelas diatur dalam ketentuan adalah mengedepankan langkah pencegahan dan pengawasan. Baru kemudian penindakan," terang Rais.

Ia mengajak kepada teman-teman Panwaslu di 30 Kecamatan untuk membangun sinergi dengan semua komponen/pihak dalam pengawasan Pemilihan. 

"Ini sesuai dengan slogan Bawaslu yakni "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilihan," ujar Rais. 

 

Foto Suasana pelantikan Panwascam oleh Bawaslu Halmahera Selatan (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)Suasana pelantikan Panwascam oleh Bawaslu Halmahera Selatan (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

 

“Semua masyarakat dapat melaporkan Jajaran kami kalau tidak melaksanakan tugas dengan baik dan bertentangan dengan peraturan perundang undangan yang berlaku” pungkas Rais. 

Pelantikan ini, dihadiri perwakilan Pemda Halsel, yakni Asisten 1 Bupati, Hi. Bustamin dan Sekretaris Kesbangpol Ardani. Turut hadir pula perwakilan Kodim 1509/Labuha Pasir Ops Letnan Satu Infantri Rizki Dicen Agusman, mewakili Polres Halsel, Kabag Ops Kompol Jamaludin.

Hadir pula Komisioner KPU Halsel Darmin Hi. Hasim yang didampingi langsung Anggota Bawaslu Halsel Hans William Kurama SH dan M. Hijrah Hi. Kamuning SH, serta Sekretaris Bawaslu Halsel Kamil Muis, S.Ag,.M.Si. (*) 

Tags:

Bawaslu Halmahera Selatan PANWASCAM Rais Kahar Bawaslu Halsel halmahera selatan Ketua Bawaslu Halsel