Lebih Mengenal Lia Istifhama, Keponakan Khofifah Siap Melenggang ke Senayan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

15 Maret 2024 07:15 15 Mar 2024 07:15

Thumbnail Lebih Mengenal Lia Istifhama, Keponakan Khofifah Siap Melenggang ke Senayan Watermark Ketik
Dr. Lia Istifhama, S.Sos., SHI., S.Sos.I., MEI. (Foto: dok. Pribadi)

KETIK, SURABAYA – Senator atau anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Jawa Timur dipastikan memiliki wajah baru. Salah satunya adalah perempuan bernama lengkap Dr. Lia Istifhama, S.Sos., SHI., S.Sos.I., MEI. Pemilik lima gelar akademis ini adalah keponakan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Ning Lia sapaan akrabnya menempati posisi ketiga dengan perolehan suara sebanyak 2.739.123 suara. Terdapat empat anggota DPD dari Jawa Timur.

Berikut profil singkat Lia Istifhama

Lia dikenal aktivis sosial yang juga seorang advokat, penulis, akademisi, dan musisi. Selain itu Ia aktif sebagai narasumber berbagai forum seminar, baik forum nasional maupun internasional.
Ia merupakan anak dari tokoh nahdliyyin dan juga tokoh PPP, KH. Masykur Hasyim dengan Hj. Aisyah, Kakak tertua Khofifah Indar Parawansa. 

Lia Istifhama dikenal sebagai perempuan yang doyan sekolah. Ia menempuh kuliah S1 di tiga kampus berbeda. Yakni Fakultas Syari'ah IAIN Sunan Ampel Surabaya (saat ini bernama UIN Sunan Ampel Surabaya); FISIP Universitas Airlangga dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Taruna Surabaya. Kuliah S1 di UINSA dan Unair ditempuh dalam waktu hampir bersamaan.

Lia bercerita bahwa dirinya tak hanya sedap dipandang tetapi juga mengunggulkan rekam jejaknya sebagai aktivis sosial.

"Insya allah keunggulan saya adalah rekam jejak nyata sebagai aktivis sosial. Selama ini, saya berusaha membangun peran tanpa jabatan, seperti yang seringkali saya gaungkan," paparnya.

Putri NU 2005 ini juga mengungkapkan alasannya terjun dalam dunia politik ingin memperbanyak kebaikan yang tak terbatas.

"Bagi saya, ini pilihan terbijak yang bisa saya tempuh dalam hidup saya karena saya menguatkan pribadi yang egaliter, yaitu merangkul banyak kalangan untuk bersama-sama menguatkan potensi local kedaerahan," jelasnya.

Ning Lia juga mengungkapkan bahwa dirinya bisa memperoleh suara hingga menduduki Senayan sebagai DPD RI merupakan hasil dari Khofifah efek.

"Tentu, saya meyakini itu. Proses saya sejak saya kecil sampai kapanpun, tak lepas dari Khofifah Effect. Tidak ada sesuatu hal yang besar tanpa penguat dari orang terdekat," ungkap Tokoh Perempuan Pengusaha Inspiratif dari KAHMIPreneur Bangkalan.

Lia juga menjelaskan motivasinya maju ke DPD RI adalah menunjukkan pada publik, bahwa selalu ada orang baik yang secara jujur dan terbuka untuk mengajak masyarakat bergandengan tangan menguatkan kebaikan.

"Saya kira masyarakat sangat bisa melihat apa saja gagasan saya maupun rekam jejak saya karena semua ada di pemberitaan online," papar Penulis Novel Motivasi ini.

Untuk program prioritas Ning Lia menegaskan akan fokus Pd penguatan UMKM secara masif dan akan merambah ke sektor lainnya.

“Untuk saat ini yang menjadi prioritas adalah penguatan UMKM, karena sampai sekarang, proses saya melakukan pembinaan pada kawan UMKM, masih sangat massif. Dan insya Allah segera akan bertambah ikhtiar saya untuk menguatkan sektor lainnya," pungkas Lia Istifhama. (*)

Tags:

Lia Istifhama Ponakan Khofifah Khofifah efek DPD RI Ning Lia Profil Lia Istifhama Khofifah Indar Parawansa