Libur Lebaran, Baloga Kota Batu Hadirkan Wahana Baru

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

13 April 2024 08:00 13 Apr 2024 08:00

Thumbnail Libur Lebaran, Baloga Kota Batu Hadirkan Wahana Baru Watermark Ketik
Wahana Sky Wheel di Batu Love Garden di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Batu Love Garden Kota Batu Jawa Timur menghadirkan Wahana baru untuk menyambut liburan lebaran Idul Fitri 2024. Wisata milik Jatim Park Group yang berada di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu itu menambah Sky Wheel atau Bianglala. 

Titik S Ariyanto, Marketing Manager and Public Relation Jatim Park Group mengatakan, penambahan wahana baru itu diharapkan menjadi pelengkap keseruan pengunjung saat menikmati Baloga.

"Wahana ini baru dibuka untuk pengunjung pada Februari 2024 kemarin. Tentunya, ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan," ujarnya.

Melalui Sky Wheel itu, pengunjung bisa menikmati hamparan bunga di Baloga dari atas ketinggian. Begitu juga, pemandangan pegunungan Kota Batu juga akan terlihat indah dari wahana tersebut.

Foto Hamparan bunga di Batu Love Garden di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Hamparan bunga di Batu Love Garden di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Menurut Titik, dengan penambahan wahana baru dan penyesuaian harga tiket, Baloga siap memanjakan para pengunjung di liburan Lebaran Idul Fitri.

“Pada hari libur, Baloga menyuguhkan Parade bunga. Parade Bunga Baloga ini menghadirkan pawai berupa arak-arakan mobil hias, penari dan cosplay," tambahnya.

Untuk diketahui, Baloga memiliki sebanyak 600 jenis tanaman bunga di hamparan lahan seluas 7 hektare. Sehingga, tempat wisata yang berada di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur itu merupakan surga bagi pecinta bunga.

Baloga sebagai salah satu bagian wisata milik Jawa Timur Park Group mengajak pengunjung kembali ke alam dan mencintai alam melalui edukasi wisata. Yaitu cara bercocok tanam aneka jenis tanaman buah-buahan, sayuran dan aneka macam bunga hias.

Titik menguraikan Baloga memiliki 600 jenis tanaman bunga. Menurutnya, 70 persen tanaman tersebut berasal dari Bumiaji yang merupakan sentra tanaman hias di Kota Batu 

"Kemudian 30 persen dari luar negeri seperti begonia dan petonia itu dari Amerika Serikat,” ujarnya, Minggu (28/1/2024). Ada dua zona di Baloga yaitu indor dan outdoor. di zona indor terdapat aneka tanaman kering seperti kaktus, Bonsai, hingga budidaya anggrek.

Ada juga beragam tanaman aquaponik dan hidroponik. Sedangkan di Zona outdoor terdapat kebun jeruk, kebun bunga matahari, hingga Tanaman hasil karya seni pangkas atau biasa disebut topiary.

Selain itu, Baloga juga memiliki rumah kupu-kupu. Yang di dalamnya ada beberapa jenis hewan mulai dari lebah, belalang hingga rayap hewan yang berkaitan dengan tanaman.

"Kami baru buka secara resmi untuk menyongsong libur natal dan tahun baru. Tepatnya pada 19 Desember 2020," tambahnya.

Kemudian ada juga beberapa wahana yang disiapkan Baloga untuk menikmati hamparan bunga. Yaitu kuda poni dan kereta yang melewati hamparan kebun bunga dan buah. Ada juga rainbow slide, dan naik unta keliling taman bunga.

"Tiket masuk ke Baloga sebesar Rp 60 ribu pada hari biasa, dan Rp 80 ribu di akhir pekan. Kami juga menawarkan segala macam edukasi pertanian. Seperti dari edukasi cara menanam bunga," tuturnya. (*)

Tags:

Kota Batu batu love garden Baloga wisata Bianglala Libur lebaran