KETIK, SURABAYA – Bandara Internasional Juanda mengalami peningkatan dua kali lipat dalam penerbangan domestik pada libur panjang Isra Mikraj dan Imlek. Ada sebanyak 536 pergerakan pesawat dan 87.111 penumpang selama periode tersebut.
“Sejak Jumat lalu, jumlah penumpang mengalami peningkatan. Di mana pada tanggal 24 Januari jumlah penumpang sebanyak 43.786 penumpang dengan 270 pergerakan pesawat," ujar General Manager Bandara Internasional Juanda Muhammad Tohir, Jumat, 31 Januari 2025.
"Kemudian tanggal 25 Januari sebanyak 43.325 penumpang dengan 266 pergerakan pesawat,” sambungnya.
Selama 6 hari mulai 24 Januari hingga 29 Januari, jumlah penumpang mencapai 236 ribu dengan 1.518 pergerakan pesawat.
“Penerbangan masih didominasi penerbangan domestik di mana selama 6 hari tersebut jumlah penumpang domestik mencapai 195 ribu penumpang dengan 1.301 pergerakan pesawat," ucap Tohir.
Tohir menjelaskan untuk penerbangan internasional juga mengalami peningkatan. "Penerbangan internasional jumlah penumpang mencapai 41 ribu dengan 217 pergerakan pesawat,” paparnya.
Adapun rute dengan jumlah penumpang terbanyak yaitu Jakarta sebanyak 63 ribu penumpang dengan 46 ribu penumpang tujuan Bandara Soekarno Hatta dan 17 ribu penumpang tujuan Bandara Halimperdana Kusuma.
“Selain Jakarta, rute Denpasar juga menjadi favorit yaitu sebanyak 28 ribu penumpang. Disusul kemudian Makassar 17 ribu penumpang, Banjarmasin 17 ribu penumpang dan Balikpapan 16 ribu penumpang," ucapnya
Sementara rute Kuala Lumpur masih menjadi rute favorit penerbangan internasional. "Untuk rute Kuala Lumpur mencapai 13,5 ribu penumpang, disusul kemudian Singapura 13 ribu penumpang,” jelas Tohir.
Sementara itu, menyambut perayaan Imlek Bandara Internasional Juanda menghadirkan pertunjukan barongsai dan naga liong di Terminal 1 dan Terminal 2 pada tanggal 29 Januari 2025.
Menurut Tohir, ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan merupakan bagian dari thematic event untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengguna jasa bandara.
“Ini merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa dengan harapan agar menciptakan customer experience dan meningkatkan customer engagement. Bagi yang merayakan juga tetap bisa merasakan nuansa Imlek saat bepergian dari Bandara Internasional Juanda,” pungkasnya. (*)