Lt. Col. Bill Kadarusman, Perwira Militer AS Asal Malang yang Tetap Cinta Indonesia

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

10 Mei 2024 03:07 10 Mei 2024 03:07

Thumbnail Lt. Col. Bill Kadarusman, Perwira Militer AS Asal Malang yang Tetap Cinta Indonesia Watermark Ketik
Lt. Col. Bill Kadarusman.(Foto: Tangkap Video VOA Indonesia)

KETIK, BATU – Lt. Col. Bill Kadarusman merupakan perwira Militer Amerika Serikat asli Malang Jawa Timur. Pangkat Bill kalau di militer Indonesia setingkat Letnan Kolonel.

Bill merupakan perwira menengah US Reserve Army atau Pasukan Cadangan Angkatan Darat Amerika Serikat (AS). Bill menceritakan perjalanan hidupnya dalam acara Ketika Hidup Diperjuangkan di YouTube VOA Indonesia.

Bill lahir di Malang dan tinggal disana hingga SMP. Kemudian, waktu memasuki SMA, ia dan keluarga pindah ke Jakarta karena mengikuti ayahnya pindah kerja. Selanjutnya, ia meneruskan kuliah di Universitas Hawai mengambil jurusan akuntansi.

"Saya sudah lebih dari 30 tahun di Amerika. Saya memang tertarik dunia militer sejak masih kecil saat masih tinggal di Indonesia," katanya dilansir dari YouTube VOA Indonesia, Jum'at (10/5/2024).

Meskipun telah tinggal lama di Amerika, Bill masih lancar dan fasih berbahasa Indonesia. Itu karena Bill tetap menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari di Amerika untuk berkomunikasi dengan keluarga.

"Keluarga di Amerika masih menggunakan bahasa Indonesia, kadang kita juga memakai Bahasa Jawa Malang," tambahnya.

Sebelumnya masuk militer AS, Bill sempat kuliah lagi di Universitas Utah mengambil jurusan Hukum. Kemudian, ia memutuskan masuk militer pada tahun 2005. Dimana tahun itu, perang di Irak dan Afganistan sedang memanas.

Bill juga diperingatkan oleh temannya untuk tidak masuk militer pada waktu itu. Karena, pastinya Bill akan dikirim ke medan perang di Irak.

"Pada 2007 saya dan unit saya dikirim ke Irak. Waktu itu anak kedua saya baru lahir. saya pikir penugasan Sanga menakutkan karena puncak perang Irak. Sempat ragu karena meninggalkan usaha dan keluarga. Akhirnya saya putuskan untuk penugasan," ulasnya.

Bill diangkat menjadi letnan kolonel pada Maret 2024. Meskipun memiliki karir militer yang tinggi di AS, Bill mengaku masih tetap cinta bangsa Indonesia. Rasa bangganya dengan Indonesia tidak pernah tidak pernah luntur.

"Saya orang Indonesia, ketika saya ditanya yang saya bilang saya orang Indonesia.Rasa cinta saya dengan Indonesia tidak pernah hilang," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lt. Col. Bill Kadarusman Militer AS VOA Indonesia
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1