Luar Biasa, Ini Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Jantung

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 Maret 2023 12:27 30 Mar 2023 12:27

Thumbnail Luar Biasa, Ini Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Jantung Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bulan Ramadan telah tiba, di bulan ini umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Selain bernilai ibadah puasa rupanya bermanfaat untuk kesehatan.

Banyak penelitian dilakukan mengenai manfaat berpuasa. Salah satunya manfaatnya untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan salah satu organ vital yang berfungsi memompa darah untuk dialirkan ke seluruh bagian tubuh.

Sebagai organ vital, menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting. Karena jika tidak akan menyebabkan beberapa fungsi tubuh menjadi terganggu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berpuasa untuk kesehatan jantung.

1. Mengurangi Kadar Lemak Darah

Lemak merupakan salah satu faktor utama penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah. Lemak dapat menyusup ke dalam lapisan pembuluh darah yang rusak dan menyebabkan aterosklerosis, yaitu penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

Menurut penelitian selama berpuasa akan terjadi penurunan kadar lemak darah, terutama lemak jahat. Sedangkan lemak baik justru akan meningkat saat berpuasa.

2. Mengurangi tekanan darah

Pada orang dengan tekanan darah tinggi, jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah dibanding dengan orang normal. Hal ini bisa menyebabkan jantung kelelahan, dan dapat terjadi pembesaran dan penebalan otot jantung, hingga gagal jantung.

Selama berpuasa terdapat penurunan tekanan darah pada orang yang berpuasa, yaitu penurunan tekanan darah sistolik berkisar dari 132.9±16 mmHg menjadi 129.9±17 mmHg.

3. Memperbaiki Resistensi Insulin dan Homosistein

Perubahan pola makan menjadi dua kali sehari selama bulan Ramadan dapat memperbaiki kondisi resistensi insulin pada pengidap diabetes. Homosistein merupakan salah satu asam amino yang terdapat dalam tubuh, dan peningkatan homosistein darah merupakan salah satu faktor risiko seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.(*)

Tags:

puasa Ramadan jantung Insulin Lemak darah kesehatan