Luqiamat, Salah Satu Makanan Khas Bulan Ramadan dari Berbagai Negara di Dunia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

13 Maret 2024 04:25 13 Mar 2024 04:25

Thumbnail Luqiamat, Salah Satu  Makanan Khas Bulan Ramadan dari Berbagai Negara di Dunia Watermark Ketik
Luqiamat, kue hidangan Ramadan dari Arab Saudi (Foto: thenationalnews.com)

KETIK, JAKARTA – Semaraknya bulan Ramadan tentu saja tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia saja. Banyak warga dari berbagai belahan dunia lain yang juga menyambut bulan suci dengan suka cita.

Tidak hanya itu, seperti halnya Indonesia yang memiliki beragam makanan khas saat bulan Ramadan, berbagai negara di dunia pun juga memiliki aneka hidangan istimewa untuk menyambut bulan penuh berkah tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah aneka makanan khas Ramadan yang berasal dari berbagai negara.

1. Kolak, Indonesia

Foto Kolak. (Foto: Dok. Sajian Sedap)Kolak. (Foto: Dok. Sajian Sedap)

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan kolak. Makanan ini selalu menjadi hidangan andalan saat berbuka puasa. Kolak biasanya berisi pisang, kacang hijau, ubi dan labu yang di rebus hingga halus. Kemudian dicampur dengan santan dan gula.

2. Luqiamat, Arab Saudi

Arab Saudi rupanya juga memiliki hidangan khas di bulan Ramadan yakni luqiamat. Hidangan ini mirip seperti kue goreng di Indonesia. Memiliki cita rasa yang manis dan lembut. Makanan ini biasanya disajikan dengan sirup kurma.

3. Harira, Maroko

Foto Harira dari Maroko. (Foto: picturepartners | Bigstock.com)Harira dari Maroko. (Foto: picturepartners | Bigstock.com)

Jika anda sedang berada di Maroko saat bulan Ramadan, Harira merupakan makanan yang wajib anda cicipi untuk hidangan buka puasa. Makanan inj memiliki bentuk seperti sup yang berasal dari daging kambing atau domba yang dioleh hingga teksturnya menjadi lembut.

4. Falooda, Pakistan

Negara Pakistan terkenal akan olahan makanannya yang menggunakan yogurt sebagai campuran, salah satunya adalah falooda. Makanan ini sendiri terbuat dari perpaduan sirup mawar dan yogurt. Hidangan ini sangat pas dijadikan menu untuk berbuka puasa karena memiliki cita rasa yang segar dan lembut.

5. Halem, India

Foto Haleem dari India. (Foto: m.recipes.timesofindia.com)Haleem dari India. (Foto: m.recipes.timesofindia.com)

Haleem adalah salah satu makanan khas dari negara India yang dapat dengan mudah ditemukan ketika bulan Ramadhan. Haleem terbuat dari olahan gandung yang direbus dengan daging, lentil, barley, beserta rempah-rempah lainnya.

6. Bolani, Afganistan

Foto Bolani dari Afganistan. (Foto: tasteofplace)Bolani dari Afganistan. (Foto: tasteofplace)

Makanan ini terbuat dari roti tipis yang diberi isian dari kentang, sayuran, dan campuran rempah-rempah. Sekilas bentuk Bolani mirip martabak.

7. Ramazan pidesi, Turki

Foto Ramazan Pidesi dari Turki (Foto: Cookpad)Ramazan Pidesi dari Turki (Foto: Cookpad)

Ramazan pidesi ini merupakan sebuah roti yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Hidangan ini disajikan saat bulan Ramadan. Masyarakat Turki biasanyanya menyantap Ramazan pidesi untuk hidangan sahur dan berbuka puasa.(*)

Tags:

Ramadan Kuliner Hidangan Berbuka Puasa sahur Kolak Luqiamat Harira bolani ramazan pidesi Halem