Mahasiswa UM Berikan Pelatihan bagi Wali Murid PAUD di Pacitan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

25 April 2024 13:25 25 Apr 2024 13:25

Thumbnail Mahasiswa UM Berikan Pelatihan bagi Wali Murid PAUD di Pacitan Watermark Ketik
Pelatihan yang diberikan kepada wali murid di PAUD SKB Pacitan. (Foto: Ratih Pratidinata)

KETIK, PACITAN – Wali murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan pelatihan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pacitan, Jawa Timur pada Kamis (25/4/2024). Pelatihan tersebut diinisiasi oleh Ratih Pratidinata, mahasiswi pasca sarjana Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Malang (UM).

Kegiatan tersebut bermula dari waktu luang yang dimiliki wali murid saat menunggu anaknya selesai sekolah. Ratih kemudian termotivasi untuk membuat kegiatan yang bermanfaat agar waktu yang dimiliki wali murid tak terbuang sia-sia.

“Saya melihat para wali murid PAUD tidak ada kegiatan ketika menunggu putra putrinya sekolah. Sehingga saya berkeinginan untuk memanfaatkan waktu luang ibu-ibu tersebut," ujar Ratih.

Para wali murid mendapatkan pelatihan untuk membuat aksesoris dari kain perca. Ratih menggandeng Endah Yunia Arumsari, narasumber yang ahli di bidang pembuatan aksesoris. Perempuan yang akrab disapa Bunda Nia itu memiliki brand bernama Nia Nio Handmade Pacitan yang memiliki produk rajut dan aksesoris.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga bisa meningkatkan kreatifitas wali murid PAUD, khususnya di PAUD SKB Pacitan. Produk scrunchie dan bros dari kain perca berhasil mereka ciptakan sendiri. Para wali murid pun merasa puas dengan produk yang mereka hasilkan.

“Ternyata membuat bros dan scrunchie itu gampang ya. Nanti saya akan membuat sendiri di rumah," ucap Vita, salah satu peserta pelatihan. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Ratih Pratidinata Pengabdian Masyarakat PAUD SKD Pacitan Universitas Negeri Malang pacitan