Manfaat Tersembunyi Daun Kemangi, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

28 Agustus 2023 21:30 28 Agt 2023 21:30

Thumbnail Manfaat Tersembunyi Daun Kemangi, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini Watermark Ketik
Daun Kemangi.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Bagi anda yang gemar makan penyetan pasti sudah tidak asing dengan daun kemangi. Daun ini kerap disajikan bersama lalapan untuk melengkapi menu penyetan bersama sambal.

Daun kemangi yang memiliki nama lain Ocimum basilicum ini memiliki aroma khas yang dapat menambah nafsu makan.

Namun tahukah kamu, ternyata daun kemangi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini kami uraikan manfaat daun kemangi, simak penjelasannya.

1. Mencegah Kanker

Daun kemangi ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini selain dapat menangkal radikal bebas dan kerusakan sel, juga dapat mencegah kanker.

2. Baik Bagi Penderita Diabetes

Daun kemangi dapat dapat mempercepat penurunan kadar gula. Hal ini tentu saja sangat baik bagi penderita penyakit diabetes. Oleh sebab itu orang dengan diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi daun kemangi untuk mengontrol gula darah.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengkonsumsi daun kemangi sangat dianjurkan. Daun kemangan memiliki kandungan eugenol yang dapat menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko gagal jantung.

4. Merilekskan Pikiran

Aroma daun kemangi yang khas ternyata tidak hanya menambah nafsu makan. Tetapi juga dapat merilekskan pikiran. Pikiran yang rileks tentu dapat membuat orang terhindar dari stres. Dengan pikiran yang rileks tentu akan berdampak juga pada kualitas tidur yang lebih baik.

5. Mencegah Penuaan Dini

Bagi anda yang ingin awet muda, mungkin mengkonsumsi daun kemangi bisa menjadi pilihan. Kandungan antioksidan nya terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kulit, sehingga mampu mencegah penuaan dini.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Daun Kemangi Lalapan penuaan dini tekanan darah