Mau Jadi Pilot? Daftarkan Dirimu di API Banyuwangi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

5 Juli 2023 08:32 5 Jul 2023 08:32

Thumbnail Mau Jadi Pilot? Daftarkan Dirimu di API Banyuwangi Watermark Ketik
Sekolah Kedinasan API Banyuwangi dinaungi oleh Kemenhub RI. (Foto: dok. API Banyuwangi)

KETIK, BANYUWANGI – Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi menjadi pilihan bagi lulusan SMA sederajat yang ingin menggapai cita-cita sebagai pilot. API Banyuwangi dinaungi langsung oleh Kementerian Perhubungan atau Kemenhub RI.

Sekolah Kedinasan ini menyediakan beberapa program studi yaitu D3 operasi pesawat udara, D3 penerbang sayap tetap dan non diploma penerbang sayap tetap.

Melalui sekolah ini, peserta didik akan mendapatkan sertifikat Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrument Rating (IR), dan Multi Engine Rating (ME).

Berdasarkan informasi yang diterima Ketik.co.id, API Banyuwangi memperpanjang pembukaan pendaftaran untuk 2023 dari kategori non regular atau mandiri. Pendaftaran dibuka hingga 13 Juli 2023.

Persyaratan Umum API Banyuwangi :

1. WNI;

2. Berusia maksimal 23 tahun;

3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Jalur Reguler Pola Pembibitan:

• Untuk lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ljazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4).

• Untuk calon lulusan tahun 2021, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII 70,00 (skala penilaian 10-100), dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tertulis pada ljazah tidak kurang dari 70,00 (skala penilaian 10-100).

• Untuk lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, jika nilai ratarata ljazah menggunakan skala penilaian 1-10 atau skala penilaian 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut menjadi skala penilaian 10-100. Panduan dapat diunduh pada halaman berikut https://sipencatar.dephub.go.id/panduan dengan melampirkan surat keterangan dari Sekolah Asal yang ditandatangani Kepala Sekolah.

• Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan/persamaan ljazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4. Tinggi badan minimal pria 160 (seratus enam puluh) cm dan wanita 155 cm;

5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba;

6. Calon Taruna tidak bertato bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat;

7. Calon Taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak berlubang tindik di telinga lebih dari I pasang (telinga kiri dan kanan);

8. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total;

9. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;

10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri sebagai Taruna/Taruni di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan;

11. Bersedia menaati segala peraturan pada Jalur Reguler Pola Pembibitan, reguler non-pola pembibitan dan non-reguler (mandiri);

12. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan) serta melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual;

13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen;

14. Melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran sesuai Perguruan Tinggi yang dituju;

15. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (bermaterai 10.000 Rupiah);

16. Memiliki alamat surat elektronik/e-mail dan nomor telepon yang masih aktif.

Cara Daftar:

1. Log in di https://sipencatar.icpa-banyuwangi.ac.id 

2. Mengisi data berupa NIK, nama lengkap, email aktif, nomor handphone aktif dan password

3. Melakukan verifikasi lewat dengan memasukkan kode yang telah dikirim lewat email

4. Log in kembali dengan akun yang telah dibuat dan terverifikasi

5. Klik Menu Pendaftaran dan isikan data yang dibutuhkan. Pastikan data yang dimasukkan benar

6. Jika pendaftaran telah selesai, pastikan status konfirmasi pada tabel pendaftaran

7. Jika admin sudah memeriksa data dan dinyatakan lulus administrasi, selanjutnya lakukan cek hasil pengumuman penerimaan seleksi administrasi pada laman https://sipencatar.icpa-banyuwangi.ac.id

8. Jika status konfirmasi telah ditolak, maka tidak bisa melanjutkan seleksi.

9. Jika dinyatakan lulus maka bisa melakukan pembayaran tes dan melakukan upload bukti pembayaran untuk tes TPA, Psikotes, Wawancara, Kesamaptaan, dan Tes Bakat Terbang.

10. Setelah melakukan pembayaran, cek status pembayaran

11. Jika pembayaran sukses, selanjutnya cetak kartu peserta.

Mengenai informasi biaya pendidikan di API Banyuwangi dengan bisa klik link di bawah ini.

Pendaftaran API 2023 . (*)

Tombol Google News

Tags:

API Banyuwangi Akademi Penerbangan Pilot Kemenhub RI pesawat persyaratan