Melalui Politik, Rea Nurul Rizkia Wiradinata Ingin Berdayakan Potensi UMKM Masyarakat

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

1 Februari 2024 12:00 1 Feb 2024 12:00

Thumbnail Melalui Politik, Rea Nurul Rizkia Wiradinata Ingin Berdayakan Potensi UMKM Masyarakat Watermark Ketik
Rea Nurul Rizkia Wiradinata (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, CIANJUR – Sosok Rea Nurul Rizkia Wiradinata, akrab dengan panggilan Rea adalah seorang perempuan cantik yang terjun ke dunia politik dengan mencalonkan sebagai anggota DPRD Cianjur Dapil II (Warungkondang, Gekbrong, Cugenang, dan Cibeber) dari Partai Gerindra. Dia ingin memberdayakan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

"Awal karir saya dimulai saat menjadi perawat di sebuah Rumah Sakit dan kemudian bekerja di perusahaan trading. Tak berselang lama, memberanikan diri dengan modal seadanya mendirikan perusahaan EDME Global Indonesia yang bergerak di bidang industri dan maklon kosmetik," kata Rea kepada media online nasional Ketik.co.id, Kamis (01/02/2024).

Dirinya menyampaikan, menyediakan layanan jasa maklon semua jenis produk kecantikan meliputi kosmetik, skin care, body care, personal care, hair care, essential oil, parfume, minuman serbuk dan suplemen.

Ia lalu menawarkan dukungan dan layanan yang sangat komprehensif, mulai dari formulasi hingga pengemasan dan registrasi produk dengan bekerja sesuai dengan standar Good Manufacturing Practices (GMP).

"Alhamdulillah, sudah beberapa brand yang diluncurkan ke target market masing-masing dan diterima dengan baik oleh publik. Karena perjanjian maka harus segera menghubungi tim bila mau mengembangkan brand dan produk sendiri,” lanjutnya menuturkan dengan khas senyum manisnya.

Hingga saat ini pun, Rea terus mengembangkan bisnis keluarga yang sudah lama dirintis kakek neneknya sejak tahun 1980-an, yaitu usaha kebutuhan pokok dengan komoditas utama seperti beras, telur, gula, minyak goreng, garam, dan lain-lain.

"Berasnya asli Cianjur, selain punya sawah, kami juga mengambil hasil panen para petani untuk dijualkan dengan dibantu 100 orang lebih karyawan, usaha ini utamanya dikelola oleh paman dan saya sendiri,” terang wanita kelahiran Cianjur, 31 Maret ini.

Selain itu, Rea juga menjalankan bisnis trading dan transportasi tambang batu bara di daerah Kalimantan dan Palembang, dengan armada tidak kurang dari 50 truk yang dimilikinya. Usaha ini bekerja sama dengan patner, dan baru dirintis sejak tahun 2020 lalu.

Lantas Rea juga merambah ke bisnis garmen karena melihat peluangnya sangat menjanjikan. Selain menerima order atau pemesanan pakaian seperti celana jeans, cinos, dan lain-lain, garmen miliknya juga menyediakan bahan baku. 

"Bahkan di tahun politik ini, saya pun menerima orderan baju untuk kampanye partai, membuat spanduk, baliho, stiker, dan semua yang berkaitan dengan urusan kepartaian menjelang tahun 2024," beber Rea menerangkan.

Lebih dari itu, Rea sekaligus menjadikan garmennya tempat kursus untuk anak-anak lulusan tingkat sekolah menengah atas (SMA). Tamatan kursus nantinya akan direkomendasikan ke tampat-tempat garmen yang membutuhkan.

Jeli menangkap peluang, didukung jiwa kreatif yang selalu terasah, menjadikan Rea seperti tertantang untuk terus berekspansi. Bisnis antar jemput premium untuk anak-anak sekolah pun dilakoninya. 

“Alhamdulillah, saat ini sudah beberapa jenis usaha yang telah saya jalankan, juga termasuk bisnis Wedding Organizer (WO), bisnis makanan, hingga property. Dan ke depan, saya ingin sekali punya pabrik yang besar," ungkap Rea penuh harap.

Dengan segala kelebihan tersebut, Rea menyadari betapa besar potensi dalam diri yang dimilikinya. Ia terus menggali dan mengeksplor diri sehingga bisa lebih bermanfaat, baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat banyak.

Namun, ia pun menyadari masih banyak masyarakat yang memiliki potensi luar biasa tetapi tidak tersalurkan dengan baik. Ia juga melihat kenyataan masih banyak perempuan yang harus diberdayakan sehingga bisa mengembangkan diri untuk menjadi wanita mandiri dan sejahtera.

"Masih banyak UMKM yang harus dikembangkan dan dibina sehingga bisa sukses dan layak bersaing hingga pasar luar negeri. Karena itu saya terjun ke politik karena ini adalah usaha yang ditempuh untuk mewujudkan kebaikan bersama, maka saya ingin menjadi bagian dari upaya-upaya tersebut," pesannya.

Ia berupaya menjadi Anggota DPRD di daerah kelahirannya Cianjur, karena ingin mendampingi pemerintah daerah untuk perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik pemerintahan. Apalagi, keluarganya sangat mendukung dan mendorong dirinya untuk terjun di politik.

“Selain karena diminta keluarga, bagi saya yang terpenting ingin menjembatani masyarakat terutama perempuan yang belum terlihat. Seperti bidang kesehatan, pendidikan, melek teknologi, hukum, serta ingin meningkatkan UMKM supaya hasil yang dikerjakan bisa dipasarkan sampai ke luar negeri. Apalagi saya punya usaha perdagangan, jadi bisa berkolaborasi dengan perusahaan,” tegas Rea.

Passion di bidang politik sejalan dengan kepribadian Rea yang senang bersosialisasi, antara lain mengikuti berbagai komunitas arisan, dan berorganisasi, seperti aktif di DPP HIPMI dan KADIN hingga saat ini.

Ia juga sangat yakin apa yang ditargetkannya akan tercapai, karena memiliki prinsip yang sangat kuat dalam diri sekaligus kunci suksesnya selami ini, yaitu tidak gampang menyerah, tidak berhenti belajar, dan selalu konsisten, fokus, serta tidak lupa berdoa.

"Juga yang tak kalah penting sebagai bekal hidup yang menjadi pedoman adalah selalu menjunjung tinggi akhlak, sebagaimana ditanamkan oleh kakek nenek saya sejak kecil," bebernya dengan nada semangat dan penuh percaya diri.

Karena Rea adalah seorang selebgram dan influencer, follower sering meminta tips dan kunci sukses bagaimana bisa melewati proses jatuh bangun dan bisa ada di posisi sekarang, menurutnya harus pantang menyerah, sekalipun sudah jatuh-bangun, bagaimana bangkit lagi, dan selalu berusaha mencoba. Karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

"Jadi apapun halangan, rintangan, itu hanya kerikil yang bisa membuat kita lebih maju dan lebih sukses. Dengan semua yang terjadi, kegagalan sudah saya hadapi, itu adalah motivasi untuk maju. Lebih kuat dan lebih tangguh untuk selalu berusaha. Intinya kita harus selalu positive thinking, dan terus berkarya selagi muda, jangan malas,” tutupnya. (*)

Tags:

Melalui Politik Rea Nurul Rizkia Wiradinata Cantik Potensi UMKM Partai Gerindra DPRD Cianjur Selebgram Influencer