Menang Banding Dewan Hakim PB PON, Selam Jatim Tambah Emas

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

17 September 2024 08:30 17 Sep 2024 08:30

Thumbnail Menang Banding Dewan Hakim PB PON, Selam Jatim Tambah Emas Watermark Ketik
Proses sidang banding yang diajukan Possi Jatim, Senin, 16 September 2024. (Foto: humas PB PON)

KETIK, BANDA ACEH – Tim Selam Jawa Timur menang banding ke Dewan hakim PB PON XXI. Itu membuat medali emas di nomor 50 m apnea putri menjadi milik peselam Jatim, Angeline Soegiarto.

Hasil itu membuat raihan selam Jatim menjadi 8 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Bagi Angeline ini adalah emas PON terakhir setelah mengikuti enam kali penyelenggaraan PON sebelumnya.

"Kami akhirnya mengajukan banding ke Dewan Hakim PB PON XXI, dengan banding itu, pihak Dewan Hakim PB PON mengkaji dan melihat bukti pertandingkan, akhirnya emas dinyatakan milik Angeline (Jatim)," kata Ketua Umum Pengprov Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim Mirza Muttaqien, Senin, 16 September 2024.

Sedangkan Joanita Mutiara Hapsari (DKI Jakarta) dinyatakan diskualifikasi. Sehingga medali emas diraih Angeline Soegiarto (Jatim), medali perak diraih atlet asal Jabar, Salsabila Subekti (17,75) dan perunggu direbut Putu Grecia Wulan Kirani asal Bali (18,45).

Pada kesempatan itu Mirza Muttaqien mengaku bangga dengan perjuangan para atlet yang sudah berhasil meraih prestasi di fin swimming. Namun, ia berharap emas bisa bertambah di nomor laut.

"Untuk selam laut (OBA) kami menarget satu medali emas," katanya.

Saat disinggung siapa atlet yang dibebani target tersebut, Mirza enggan untuk menyebut nama atletnya. "Tidak usah disebut nama atletnya, tapi target kita satu emas," katanya.

Lebih lanjut, Mirza Muttaqien mengatakan, POSSI Jatim segera melakukan evaluasi terhadap hasil PON XXI.

Menurutnya hingga saat ini Jatim masih lemah di nomor bifin.

"Kita bahas dengan pengurus POSSI dan KONI untuk mempersiapkan atlet bifin, selain itu kita juga akan terus menggelar kejuaraan baik tingkat daerah hingga nasional," katanya.

Mirza juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras para pelatih yang sudah melakukan perencanaan dan program latihan. Ia juga berharap program latihan jangka panjang (Puslatda) yang digelar oleh KONI Jatim terus dipertahankan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Banding Possi Jatim Selam Jatim PON2024 PON XXI 2024 Aceh-Sumut