Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Tak Absen Pertemuan Dengan Jokowi di IKN

Jurnalis: Joko Gunawan
Editor: Cutbang Ampon

8 Agustus 2024 10:17 8 Agt 2024 10:17

Thumbnail Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Tak Absen Pertemuan Dengan Jokowi di IKN Watermark Ketik
Plt Bupati Labuhanbatu, Sumut, Hj Ellya Rosa Siregar (tengah) saat zoom meeting dengan Mendagri terkait agenda pertemuan dengan Presiden RI di IKN. (Foto: Dinas Kominfo Labuhanbatu for Ketik.co.id)

KETIK, LABUHAN BATU – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah di semua tingkatan untuk tidak absen pada pertemuan dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) pada tanggal 13 Agustus 2024 mendatang.

Hal itu diketahui hasil rapat zoom meeting Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, Sumut, Hj Ellya Rosa Siregar bersama Mendagri dalam persiapan agenda pertemuan dengan Presiden RI Jokowi, Kamis (8/8/2024).

Dikatakan Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu, A Fadly Rangkuti, Plt Bupati Labuhanbatu telah mengikuti rapat zoom meeting tersebut. Intinya, kepala daerah diingatkan wajib hadir dalam agenda tersebut.

"Zoom meeting dilaksanakan di kantor Bupati Labuhanbatu, jalan Ujung Bandar Rantauprapat. Rapat dipimpin pak Mendagri itu menyampaikan bahwa semua gubernur, bupati dan walikota diharuskan untuk hadir tidak boleh diwakilkan," terangnya.

Jika terdapat agenda terjadwal disetiap daerah, sambung Fadly, diharapkan untuk dapat diwakilkan. Ketidakhadiran dapat dimaklumi terkecuali dalam berkaitan kondisi gangguan kesehatan.

"Hal-hal seperti rapat dengan DPRD atau yang lainnya bisa dilakukan oleh Wakil Bupati atau Sekda masing-masing," terangnya lagi.

Namun, terkhusus untuk pertemuan dengan Presiden RI, diwajibkan untuk kepala daerah langsung wajib hadir tidak boleh diwakilkan. Bagi yang sakit dan tidak bisa melakukan perjalanan jauh, dapat diwakilkan.

Lebih jauh diutarakan Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu itu, kegiatan pertemuan dengan Presiden RI tersebut, akan diakomodir oleh Otorita IKN bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur. 

Dalam rapat tersebut, disampaikan juga bahwa, gubernur, bupati dan walikota akan berangkat bersama-sama menuju IKN menggunakan bus, tanpa pendampingan dari ajudan masing-masing.

Bupati dan walikota berkumpul di Stadion Batakan Balikpapan dan akan diberangkatkan ke IKN Pukul 06.00 WITA,  sedangkan gubernur akan diberangkatkan pukul 10.30 WITA. (*)

Tombol Google News

Tags:

Plt Bupati Labuhanbatu Sumut Kominfo IKN Mendagri Jokowi Kalimantan Timur AgustusanIKN