Menderita Cacar Air? Konsumsi Makanan Ini untuk Cepat Pulih

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

18 Mei 2024 07:46 18 Mei 2024 07:46

Thumbnail Menderita Cacar Air? Konsumsi Makanan Ini untuk Cepat Pulih Watermark Ketik
Ilustrasi cacar air. (Foto: freepik)

KETIK, JAKARTA – Cacar atau varicella-zoster adalah penyakit yang muncul dengan disertai gejala berupa munculnya ruam merah yang berisi cairan.

Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terserang penyakit ini.

Walaupun tergolong penyakit yang tidak begitu parah, namun pada beberapa kondisi orang dengan sistem imun yang lemah, cacar air bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

Meskipun telah ada vaksin untuk mencegah cacar, penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan di beberapa daerah. Jadi, selain vaksin, diperlukan makanan yang ampuh membasmi cacar. 

Saat mengidap cacar, penting untuk memerhatikan asupan makanan yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Pola makan yang sehat dan sesuai akan membantu penyakit ini sembuh lebih cepat. 

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang bisa digunakan untuk mengobati cacar.

1. Jahe

Bagi anda yang sedang menderita cacar, mengkonsumsi jahe bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti yang kita tahu jika jahe mengandung zat anti inflamasi dan analgesik yang bisa meredakan rasa gatal dan nyeri akibat cacar air. Untuk konsumsi jahe, kita bisa meminumnya sebagai teh jahe, menambahkan dalam makanan, atau jadi sup jahe.

Foto Jahe mengandung anti inflamasi untuk redakan nyeri akibat cacar. (Foto: Pexels)Jahe mengandung anti inflamasi untuk redakan nyeri akibat cacar. (Foto: Pexels)

2. Bawang putih

Siapa yang baru mengetahui jika salah satu bumbu dapur, yakni bawang putih ternyata memiliki khasiat untuk mengobati cacar air. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan infeksi. Bawang putih juga mengandung allicin, senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi untuk redakan gatal.

Untuk konsumsi bawang putih, kita bisa memotongnya tipis-tipis dan memakannya secara langsung. Kalau tidak bisa, kita juga bisa mengolahnya menjadi minuman herbal yang dicampur dengan bahan lainnya.

3. Alpukat

Buah alpukat ternyata tidak hanya enak untuk dibuat jus, tetapi ternyata buah ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacar. Seperti layaknya buah pada umumnya alpukat mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral.

Selain itu alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meredakan peradangan. Vitamin C, B6 dan B2 terdapat dalam alpukat yang sangat baik untuk penderita cacar air.

Foto Tomat mengandung vitamin C yang bantu percepat proses penyembuhan. (Foto: Pexels)Tomat mengandung vitamin C yang bantu percepat proses penyembuhan. (Foto: Pexels)

4. Kacang hijau

Siapa yang tidak suka dengan kacang hijau, olahan kacang hijau selain memiliki banyak penggemar ternyata juga memiliki banyak khasiat. Bukan hanya sebagai sumber protein kacang hijau ternyata kaya antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan konsumsi kacang hijau, penderita cacar dalat sembuh dengan lebih cepat karena sistem imun yang bertambah kuat.

5. Tomat

Buah tomat rupanya tidak hanya cocok untuk membuat sambal. Tetapi buah yang kaya vitamin C ini juga baik dikonsumsi oleh penderita cacar. Hal ini karena kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu mempercepat pemulihan tubuh dan menyembuhkan luka.

Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa diolah menjadi minuman segar seperti jus atau smootie.(*)

Tags:

Cacar air kesehatan Penyembuhan Jahe tomat Kacang Hijau alpukat Antiinflamasi  Vitamin C
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1