Mengenal Sembilan Program Nawa Bhakti yang Diusung Cak Nur-Mas Heli di Pilkada Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

17 September 2024 20:30 17 Sep 2024 20:30

Thumbnail Mengenal Sembilan Program Nawa Bhakti yang Diusung Cak Nur-Mas Heli di Pilkada Kota Batu Watermark Ketik
Cak Nur- Mas Heli saat mendaftar sebagai Pasangan Calon ke KPU Kota Batu, Rabu 28 Agustus 2024 lalu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota, Nurochman (Cak Nur) - Heli Suyanto (Mas Heli) semakin mantap menjajaki kontestasi Pilkada 2024. Pasangan yang diusung PKB dan Partai Gerindra itu membawa kekuatan Koalisi Wong mBatu dengan sembilan progam yang dinamakan Nawa Bhakti.

Lantas, apa saja progam unggulan yang ditawarkan Paslon Cak Nur - Mas Heli bila terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu? Berikut ulasannya.

Sembilan program Nawa Bhakti tersebut pertama, peningkatan insentif bagi petugas pelayanan masyarakat dan pekerja lapangan. kedua, peningkatan insentif bagi pendidik, tenaga kependidikan, pendidikan keagamaan dan hibah organisasi masyarakat. Ketiga, pencetakan 1.000 sarjana per tahun. 

"Pencetakan 1.000 sarjana ini bertujuan agar orang desa punya pendidikan tinggi dan SDM yang bagus. Sehingga, mereka dapat berkompetisi dalam era global saat ini," kata Cak Nur, Selasa, 17 September 2024 

Selanjutnya, program Nawa Bhakti ke empat adalah pembangunan mall UMKM. Kelima, pembangunan kawasan industri pengolahan sampah. Keenam, pembagian hasil kepada pemerintah desa hingga maksimal Rp 5 miliar. 

Selanjutnya, ketujuh, pengembangan smart and integrated farming dan pembangunan spiritual botanical garden. Kemudian, kedelapan, pembangunan sport center dan optimalisasi lapangan desa. Dan terakhir, kesembilan, pembangunan Batu Artpreneur dan SMK kesenian.

"Program 1.000 sarjana per tahun ini, tidak hanya diberlakukan untuk fresh graduate saja. Namun masyarakat yang sudah lulus sekolah beberapa tahun ke belakang, juga diperkenankan ikut serta program ini," jelas Cak Nur. 

Soal pendanaan, Cak Nur menilai, APBD Kota Batu cukup mumpuni. Namun, untuk meringankan, program 1000 sarjana itu bisa didanai secara Kolaboratif. Yaitu melalui, APBD, APBN, APBD Provinsi Jatim, CSR atau menggunakan pola bapak asuh.

“Pola bapak asuh ini misalnya, satu instansi mengasuh 10 mahasiswa. kemudian instansi swasta bisa andil melalui program CSR,” tegasnya. (*)

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pilkada 2024 Paslon Nurochman-Heli Suyanto Nawa Bakti