Menikmati Aneka Destinasi Wisata di Kabupaten Sijunjung, Nomor 4 Bikin Mata Fresh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 April 2024 18:15 13 Apr 2024 18:15

Headline

Thumbnail Menikmati Aneka Destinasi Wisata di Kabupaten Sijunjung, Nomor 4 Bikin Mata Fresh Watermark Ketik
Perkampungan Adat Sijunjung. (Foto: Pemkab Sijunjung)

KETIK, SIJUNJUNG – Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi destinasi wisata bisa menjadi pilihan yang tepat. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam destinasi wisata menakjubkan, salah satunya terdapat di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Sijunjung.

Kabupaten Sijunjung terkenal akan destinasi wisata nya yang kaya akan kebudayaan lokal dan juga penampakan alam yang indah. Selain itu wilayah ini juga dikenal sebagai penghubung antara Jambi dan juga Riau. 

Bagi anda yang penasaran destinasi wisata apa saja yang bisa dikunjungi di Kabupaten Sijunjung, berikut ini kami ulas untuk anda.

1. Geopark Silokek

Bagi anda yang suka dengan tempat wisata bertemakan alam, mungkin Geopark Silokek ini bisa menjadi pilihan. Terkenal dengan bebatuan purba yang hadir dari masa lampau seperti batuan tertua yaitu batu gamping, serpih, filit, dan bawah yang ada di era Paleozoikum. 

 

Foto Pintu masuk Geopark Silokek. (Foto: Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Sijunjung)Pintu masuk Geopark Silokek. (Foto: Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Sijunjung)

 

Di tempat ini juga terdapat Desa Wisata Silokek yang menawarkan keindahan dari batu-batuan yang telah membentuk ngarai-ngarai, tebing-tebing yang tinggi, dan sungai dengan pasir putih yang indah.

2. Perkampungan Adat Sijunjung

Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang berbau kebudayaan, Perkampungan Adat Sijunjung bisa menjadi tujuan yang tidak boleh anda tinggalkan. Disini anda dapat melihat kurang lebih 76 rumah adat yang berjejer rapi. Rumah adat tersebut terdiri dari 6 suku.

Bagi anda yang ingin bermalam juga bisa menginap di disini karena 40 dari 76 rumah adat ini juga difungsikan sebagai homestay bagi para wisatawan. Disini anda bisa melihat segala kearifan lokal yang masih terjaga hingga saat ini seperti kuliner khas dan kerajinan tangan seperti Galamai, Lamang Panggang, dan Songket.

3. Ngalau Lagung Aie Angek

Destinasi satu menarik untuk dipilih sebagai tujuan wisata karena Ngalau Lagung Aie Angek merupakan Ngalau terbesar di Sijunjung. Ngalau Lagung merupakan goa yang dihiasi oleh keindahan dari bebatuan di dalamnya.

Disini anda juga bisa menikmati pemandian air panas yang airnya berasal dari pegunungan yang masih terjaga keasriannya. Disini anda juga dapat berkemah sembari menikmati pemandangan alam yang indah.

4. Air Terjun Palukahan

Berkunjung di Kabupaten Sijunjung, jangan lupa untuk mampir ke wisata Air Terjun Palukahan. Disini anda bisa melihat keindahan air terjun yang dipadu dengan keasrian hutan yang akan memanjakan mata siapapun yang melihat.

Foto Air terjun Palukahan. (Foto: Kemenparekraf)Air terjun Palukahan yang kesejukannya bikin mata fresh. (Foto: Kemenparekraf)

Destinasi wisata ini cukup populer karena keindahan alam di sekitarnya yang sangat menarik dijadikan sebagai spot dan juga objek foto. 

5. Danau Hijau Bukit Bual

Dinamakan danau hijau karena air danau yang berada di Nagari Bukit Bual ini memiliki air berwarna hijau alami. Danau ini merupakan bekas galian tambang yang terisi air secara terus-menerus sehingga lama kelamaan membentuk genangan yang menyerupai danau. 

Selain menikmati keindahannya, wisatawan juga dapat menghabiskan waktu dengan memancing di area ini. Kemudian, Danau Hijau juga memiliki spot-spot foto yang sangat indah.(*)

Tags:

Destinasi wisata Kabupaten Sijunjung Geopark Silokek Kampung Adat Sijunjung Air terjun Palukahan