Menikmati Kampung Sakura Kota Batu, Berikut Paket Wisatanya

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

2 Februari 2024 04:30 2 Feb 2024 04:30

Headline

Thumbnail Menikmati Kampung Sakura Kota Batu, Berikut Paket Wisatanya Watermark Ketik
Pengunjung sedang berfoto di kampung Sakura Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kampung Sakura di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur menawarkan paket wisata setelah diresmikan beberapa waktu lalu lalu. Selain menikmati nuansa seperti di Jepang, di Kampung Sakura, pengunjung bisa menyewa baju dan pernak pernik khas Jepang seperti payung, kipas, hingga baju kimono. 

Tarif tiket masuk dibanderol sebesar Rp 10 per orangnya, untuk paket spot selfie seluruh area Kampung Sakura. Kemudian ada paket edukasi yang setiap orangnya dibanderol Rp 15 ribu per orang.

Dalam paket edukasi itu, pengunjung akan mendapatkan pengetahuan cara pembuatan replika pohon sakura dan bebas berfoto selfi di seluruh area Kampung Sakura.

"Kampung Sakura ini berada di kawasan RT 05 RW 10 Desa Sidomulyo dengan luas sekitar 2 hektar. Insyaallah, setelah ini akan kembangkan lebih luas lagi. Soal Tiket masuk masih kita diskusikan dengan pihak pihak terkait," jelas, Kepala Desa Sidomulyo, Suharto, Kamis (1/2/2024).

Sedangkan, untuk sewa baju kimono dibandrol dengan harga Rp 25 ribu per orang. Sedangkan sewa tempat acara cukup Rp 50 ribu per jam. Kampung Sakura juga menyediakan paket makan dan minum dengan Rp 35 ribu per orang dan paket makan ringan khas Kampung Sakura Rp 10 ribu per orang.  

"Dulu sebelum dilaunching kita hanya menerapkan biaya parkir ke pengunjung," tambahnya. Suharto menambahkan, Pohon sakura yang ada di kampung tersebut hanyalah replika pohon sakura yang memang sengaja dibuat oleh warga. Daun daun sakura tersebut dibuat dengan bahan sampah dan limbah plastik.

"Kampung Sakura ini awalnya muncul saat lomba kampung tematik dalam rangka Sidomulyo Floral Festival di tahun 2022 lalu. Kampung Sakura waktu itu menang bersama kampung tematik lainnya, yaitu kampung mawar dan kampung matahari," urainya.

Kampung Sakura Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu Jawa Timur mempercantik diri dengan bunga sakura yang bermekaran di depan rumah warga. Layaknya di negara matahari terbit atau jepang, warna bunganya pun beragam, ada yang merah, putih, kuning, dan lain lain.

Untuk diketahui, Ratusan pohon sakura bermekaran nan cantik dan mempesona tersebut berada di kawasan RT 05 RW 10 Desa Sidomulyo. Warga juga menambah aksesoris lampu dan aksesoris khas Jepang lainnya. Seperti adanya gapura tori layaknya di Jepang, Sehingga suasana seperti di jepang sangat terasa di Kampung sakura tersebut.

Bunga sakura itu bermekaran tumbuh di depan halaman rumah warga. Warna bunganya beragam, ada yang merah, putih, kuning, juga aksesoris lampu dan sebagainya menambah suasana layaknya berada di Jepang. Sehingga tidak kalah dengan negeri matahari terbit tersebut. (*)

Tags:

Kampung Sakura Kota Batu wisata