Menikmati Keindahan Klenteng Sam Poo Kong yang Penuh Sejarah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

14 Januari 2023 11:36 14 Jan 2023 11:36

Thumbnail Menikmati Keindahan Klenteng Sam Poo Kong yang Penuh Sejarah Watermark Ketik
Klenteng Sam Poo Kong. (Foto : Sanjayatour.com)

KETIK, SEMARANG – Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah menyimpan banyak bangunan bersejarah. Salah satunya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Objek wisata ini merupakan destinasi wisata populer di Kota Semarang.

Banyak wisatawan mengunjungi tempat ini saat akhir pekan. Apalagi mendekati tahun baru imlek. Tempat ini semakin ramai karena banyak kesenian khas Tionghoa yang dipertontonkan.

Kawasan Klenteng Sam Poo Kong sendiri cukup luas dengan dominasi bangunan warna merah dan arsitektur khas China. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini seperti, berfoto atau sekadar jalan-jalan menikmati suasana di sekitar klenteng.

Tempat ini sendiri berada di Jalan Simongan No.129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Untuk menemukannya tempat ini cukup mudah, sebab lokasinya hanya berjarak 5 kilometer dari pusat kota dan 4 kilometer dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Selain menggunakan kendaraan pribadi kamu juga dapat menggunakan transparan umum seperti BST alias Bus Trans Semarang.

Untuk kegiatan wisata, jam operasional Klenteng Sam Poo Kong sendiri buka setiap hari, mulai pukul 09.00-20.00 WIB. Berhubung kawasannya luas, kamu dapat menyusuri kelenteng dari pagi hingga sore. 

Di dalam kawasan klenteng, kamu dapat melihat replikasi Laksamana Cheng Ho serta foto di area lampion atau menyaksikan pertunjukan seni yang ada. 

Selain itu, Klenteng Sam Poo Kong Semarang mempunyai sejumlah fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Berikut adalah uraian lengkapnya:

• Destinasi wisata ini menawarkan bangunan megah dengan arsitektur China. Jika sedang berada di sana, kamu dapat mendatangi tempat pemujaan di banguSam Poo Kong dan Dewa Bumi

• Kedua, Klenteng Sam Poo Kong juga merupakan tempat ibadah bagi umat Sam Poo Kong atau Laksamana Zheng He. Untuk itu, kamu perlu membawa dupa jika akan sembahyang di sini

• Wisatawan dapat berkunjung ke makam Kyai Juru Mudi atau Wang Jing Hong yang merupakan juru mudi Laksamana Cheng Ho. Adapula Makam Kyai Djangkar yang menarik buat dieksplor. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata sejarah Semarang Klenteng liburan imlek