Menikmati Segelas Es Legen Cakar Mas, Hapuskan Dahaga di Tengah Cuaca Panas

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

28 Mei 2024 10:30 28 Mei 2024 10:30

Thumbnail Menikmati Segelas Es Legen Cakar Mas, Hapuskan Dahaga di Tengah Cuaca Panas Watermark Ketik
Kesibukan penjual Es Legen Cakar Mas saat melayani pelanggan. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Siapa yang tidak kenal dengan es legen? Minuman khas yang berasal dari pohon lontar ini memiliki cita rasa yang segar dan nikmat. Minuman ini sangat cocok sebagai pelepas dahaga apalagi jika dikonsumsi di tengah cuaca panas Kota Surabaya seperti saat ini.

Jika anda melintas di Jalan Sulawesi Surabaya, tidak ada salahnya anda mampir di warung Es Legen Cakar Mas. Warung ini selalu ramai oleh para pengguna jalan mampir untuk melepas penat sembari meneguk segelas es legen yang segar.

Salah satu pekerja, Fandil mengatakan warung ini sudah berdiri sekitar 15 tahun lalu. Warung es legen ini merupakan milik saudaranya yang dikelola bersama. Legen yang digunakan merupakan legen asli yang dibawa langsung dari Tuban.

"Ini punya saudara saya hanya membantu menjalankan. Legen disini memang beda karena asli dibawa dari Tuban," jelasnya kepada Ketik.co.id, Selasa (28/5/2024).

 

Foto Keramaian pembeli yang mengantri untuk membeli es legen Cakar Mas. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Keramaian pembeli yang mengantri untuk membeli es legen Cakar Mas. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

 

Untuk dapat menikmati segelas es legen yang segar pembeli hanya perlu membayar seharga Rp 3000 untuk minum ditempat. Namun jika pembeli ingin dibungkus harga yang harus dibayar sebesar Rp 3.500.

"Sehari bisa habis antara 3 sampe 4 jerigen besar es legen. Apalagi di cuaca panas seperti saat ini," tambahnya.

Selain legen salah satu hal yang menarik para pengguna jalan untuk singgah sejenak adalah adanya gorengan dan jajanan yang beraneka ragam. Jajanan ini dibandrol mulai dari Rp 1000 per potong. 

"Selain itu kita juga ada gorengan, nasi bungkus dan jajanan yang murah. Mulai seribuan sampai delapan ribuan,"paparnya.

Sementara itu salah satu pengunjung, Riky mengaku hampir setiap hari selalu mampir di Es Legen Cakar Mas ini. Menurutnya es legen di sini memiliki rasa yang lebih segar dibandingkan dengan tempat lainnya. 

"Iya hampir tiap hari kesini karena selalu ngelewatin kan. Di sini itu rasa legennya lebih enak dan segar sih, dan yang pasti murah juga," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Es Legen Cakar Mas Minuman Tradisional jajanan Gorengan Pengguna Jalan Pelepas Dahaga