Menilik STITA Labuhanbatu, Ada Prodi S1 Langka dan Beasiswa Sampai Tamat

Jurnalis: Joko Gunawan
Editor: Mustopa

10 September 2024 12:41 10 Sep 2024 12:41

Thumbnail Menilik STITA Labuhanbatu, Ada Prodi S1 Langka dan Beasiswa Sampai Tamat Watermark Ketik
Gedung Yayasan STITA Al Bukhari Labuhanbatu di jalan Sempurna, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

KETIK, LABUHAN BATU – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STITA) Al Bukhari Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumut, terletak di Jalan Sempurna Nomor 21, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan.

Berdiri atas dasar izin Dirjen Pendidikan Islam nomor 2645 tahun 2017 serta ditopang akreditasi baik BAN-PT nomor 130//SK/BAN-PT/Akred/II/2021, STITA Al Bukhari Labuhanbatu terus berjalan sesuai zaman.

Walau terbilang masih berusia belia, tetapi berbagai program maupun fasilitas pendukung pembelajaran kerap disesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satunya dibuktikan dengan adanya Program Sarjana (S1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang memang menjadi satu-satunya di Labuhanbatu.

Demikian dikatakan Ketua Umum Yayasan STITA Al Bukhari Labuhanbatu, Dr H Bukhari Is MM Kons ketika bincang-bincang dengan Ketik.co.id di ruangannya, Senin, 10 September 2024.

Foto Ketua Umum Yayasan STITA Al Bukhari Labuhanbatu, Dr H Bukhari Is MM Kons. (Foto: Joko/Ketik.co.id)Ketua Umum Yayasan STITA Al Bukhari Labuhanbatu, Dr H Bukhari Is MM Kons. (Foto: Joko/Ketik.co.id)

Dijelaskan Bukhari, prodi S1 PIAUD dan S1 PGMI yang dapat dijadikan persiapan menjadi guru RA atau TK maupun setingkat SD, merupakan satu-satunya program di sekolah tinggi ataupun universitas yang ada di Labuhanbatu.

"Alhamdulillah, kitalah satu-satunya di Kabupaten Labuhanbatu ini yang memiliki prodi itu," terang Bukhari.

STITA Al Bukhari Labuhanbatu juga mempunyai berbagai alternatif program beasiswa dari yayasan. Tidak hanya sebatas 1 semester, bahkan beasiswa sampai tamat.

Bagi mahasiswa yang hafiz juz 30 mendapat beasiswa 1 semester, hafiz 5 juz beasiswa 2 semester, hafiz 10 juz beasiswa 4 semester, hafiz 20 juz beasiswa 6 semester serta hafiz 30 juz beasiswa hingga tamat.

"Tidak hanya itu, yayasan juga akan memberi diskon 10 persen dari uang kuliah di tahun pertama bagi pelajar yang masuk kategori rangking 1 sampai 10 saat sekolah dengan dibuktikan ada surat dari kepala sekolahnya," tambah Bukhari.

Tidak berhenti sampai di sana, beasiswa pun akan diterima mahasiswa S1 Pai dan DII PGMI selama 4 semester serta S1 prodi lainnya. Namun, itu semua dilalui dengan seleksi ketat sesuai aturan yang berlaku.

Sejak berdiri hingga kini, STITA Al Bukhari Labuhanbatu telah 2 kali menggelar wisuda dan direncanakan bulan Nopember atau Desember akan kembali mewisuda untuk angkatan ketiga.

Perhatian dan rangsangan terhadap mahasiswa, juga berlaku kepada penjaga waktu salat (marbot) di masjid yang disediakan. Dengan tugas menjaga waktu salat, maka marbot kuliah gratis dan ditanggung makannya.

"Ada kita angkat marbot di sini, tugasnya menjaga waktu. Nah, baginya kita gratiskan biaya kuliah sampai tamat, bahkan kita tanggung makannya. Jadi, inilah kita, saling berbagi," papar Bukhari.(*)

Tombol Google News

Tags:

STITA Al Bukhari Labuhanbatu Sumut beasiswa Semester Sampai Tamat Bukhari Is Prodi S1 Ketua Umum