Merasakan Sensasi Unik Memancing di Pinggir Sungai Grindulu Kabupaten Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

9 September 2023 04:13 9 Sep 2023 04:13

Thumbnail Merasakan Sensasi Unik Memancing di Pinggir Sungai Grindulu Kabupaten Pacitan Watermark Ketik
Slamet, pemancing asal Desa Ponggok, Kecataman Pacitan dan empat temannya saat memancing. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Memancing ikan di Pinggir Sungai Grindulu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terbilang cukup unik. Spot memancing ini berada di utara Jembatan Arjowinangun yang merupakan jalur utama menuju pusat kota.

Kondisi itu membuat suasana memancing berbalut dengan hiruk pikuk kendaraan yang melintas. Kendati demikian, para pemancing seolah tak peduli akan hal tersebut.

Keunikan lainnya terlihat dari banyaknya pemancing yang menggunakan payung pelindung diri dari teriknya sengatan matahari. Mereka cukup nyaman melepaskan joran di bibir tebing sungai sembadi menanti kail pancingnya disambar ikan.

Seperti itu yang dilakukan Slamet (53) pria asal Dusun Ponggok, Desa Semanten, Kecamatan Pacitan, yang hampir setiap hari bersama teman-temannya memancing ikan. 

Dia mengungkapkan, area pinggir sungai itu memang menjadi tempat favorit bagi gerombolan ikan yang lapar, hal itu dipicu adanya limbah produksi tahu yang dibuang di tempat tersebut.

"Tempat ini dipilih karena banyak ikan di sini. Itu bermula dari dibuangnya limbah tahu lewat saluran di bawah situ," katanya kepada Ketik.co.id, Senin (9/9/2023).

Meski demikian, memancing tetap membutuhkan kesabaran hingga kail pancingnya disambar ikan. "Mancing di sini harus sabar, soalnya ikan di sini lumayan tidak mudah untuk dipancing. Tinggal siapa yang paling lincah menarik perhatian," terangnya.

Foto Suasana para pemancing menjelang sore hari. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Suasana para pemancing menjelang sore hari. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Sebagian besar para pemancing menjumpai ikan berjenis lokal cukup melimpah. Bahkan paling banyak didapatkannya bisa mencapai 25 ekor ikan seukuran telapak tangan orang dewasa.

"Ya, kalau disini, Ikan yang sering didapat juga banyak mulai dari mujair, nila, wader, sidat dan gurame. Kalau pas beruntung bisa dapet yang besar," ujarnya.

Pria dua anak itu menyebut ikan hasil tangkapan untuk dikonsumsi sendiri, tidak diperjual belikan. Menurutnya, dengan jerih payah itu, daging ikan akan terasa lebih nikmat.

"Kan ini hanya sekadar mengisi waktu luang setelah merumput, kalau dapet ya alhamdulilah bisa untuk nambah lauk di rumah," bebernya.

Menurutnya, tempat pemancingan Sungai Grindulu ini seperti tak menghadirkan rasa jenuh bagi para pengumpan. "Sejauh ini belum pernah merasa bosan. Malah ketagihan dapat digunakan untuk refreshing, biar tidak setres," tutupnya.

Dari pantauan Ketik.co.id, kawasan utara jembatan itu, selain menjadi spot memancing juga menawarkan pemandangan estetik untuk dinikmati karena terdapat area Pacitan Water Front City.(*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan Memancing mancing Jembatan Arjowinangun