Mobil Diesel Pajero Sport dan Triton Aman Tenggak Biodiesel B35

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

4 Februari 2023 02:00 4 Feb 2023 02:00

Thumbnail Mobil Diesel Pajero Sport dan Triton Aman Tenggak Biodiesel B35 Watermark Ketik
Ilustrasi Mitsubishi Pajero Sport (Foto: Dok Mitsubishi)

KETIK, SURABAYA – Tenang, mesin mobil diesel Mitsubishi Pajero Sport dan Triton diklaim aman tenggak bahan bakar minyak (BBM) jenis Biodiesel B35.

Adapun penerapan Biodiesel B35 adalah program lanjutan pemerintah dari Biodiesel B30.

Biodiesel B35 adalah campuran bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit sebanyak 35 persen dengan Solar 65 persen.

“Mesin diesel common rail Mitsubishi Pajero Sport dan Triton yang sudah berstandar Euro 4 itu aman, jika diisi dengan biodiesel B35 tidak merusak mesin,” ucap Heru Rubianto, service Manager Mitsubishi Sinar Berlian Auto Graha di Cibinong, Jawa Barat.

“Mesinnya bisa tidak ada problem jika tidak terlalu lama downtime, atau mesin dibiarkan mati terlalu lama,” tambahnya.

Heru pun menyarankan supaya mesin mobil selalu digunakan atau dipanaskan setiap hari, agar sirkulasi BBM di sistem common rail-nya tetap berjalan dengan baik.

“Mesin harus tetap bekerja kalau misal tidak dipakai, mungkin setiap harinya bisa dipanaskan selama 15-20 menit,” kata Heru.

Ia juga menyarankan agar interval penggantian filter solar dilakukan lebih cepat, hal tersebut bisa membuat common rail jadi lebih awet.

“Untuk filter solar jika menggunakan biodiesel 35 kita sarankan meakukan penggantian per 10.000 km atau kalau mau lebih cepat seperti di 5.000 km malah lebih baik lagi,” terangnya.

Sekedar info harga filter solar Mitsubishi Pajero Sport dan Triton yang orisinal di bengkel resmi dijual Rp 375 ribu. (*)

Tags:

Pajero mistsubishi aman Tenggak B35