Momentum Idul Adha, Rutan Kelas IIB Situbondo Gelar Nyate Bareng

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Heru Hartanto

17 Juni 2024 14:04 17 Jun 2024 14:04

Thumbnail Momentum Idul Adha, Rutan Kelas IIB Situbondo Gelar Nyate Bareng Watermark Ketik
Suasana nyate bareng WBP yang berlangsung di Aula Rutan Situbondo, Senin (17/06/2024) ( Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo mengadakan nyate bareng seusai Salat Id, Senin (17/06/2024). Kegiatan yang digelar Kepala Rutan bersama jajarannya itu diikuti warga binaan (wabin) dan sejumlah wartawan. 

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan mengatakan, kegiatan nyate bersama WBP dan petugas rutan menjadi agenda rutin tahunan Rutan Kelas IIB Situbondo.

"Semenjak saya menjabat sebagai Kepala Rutan Situbondo setiap Idul Adha nyate bareng dengan WBP. Ini sudah kedua kalinya dilaksanakan," ujar Rudi di hadapan sejumlah jurnalis.

Tujuan dari nyate bareng ini, kata Rudi, untuk mempererat hubungan tali silaturahmi antara petugas Rutan dengan WBP dan para jurnalis yang selama ini sering meliput berita di Rutan Situbondo ini. "Momentum Idul Adha ini saya ingin WBP bisa menikmati makan sate bersama layaknya di rumah sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, mulai dari proses penyembelihan hewan kurban, pemotongan daging, mengiris daging, menusuk daging, membakar sate hingga membuat bumbu dilakukan oleh para WBP bersama petugas rutan. "Kita guyub dalam proses pembuatan sate ini,” jelasnya.

Dengan mengetahui proses membuat sate, sambung Rudi, diharapkan WBP Rutan Situbondo trampil dan mandiri. “Siapa tahu setelah WBP sudah bebas menjalani masa hukuman, bisa punya niatan untuk berjualan sate," harap Rudi.

Pada Idul Adha 1445 Hijriyah ini, sambung Rudi, Rutan Kelas IIB Situbondo menyembelih 21 ekor kambing. "Pada hari pertama Idul Adha tahun ini, kami menyembelih 12 ekor. Sisanya besok dan lusa," pungkas Kepala Rutan Situbondo.

Sementara itu, salah satu WBP Rutan Situbondo mengaku, pihak selalu mendapatkan pelayanan prima dari Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo bersama petugas lainnya. "Alhamdulillah, hari ini saya bersama rekan-rekan lainnya bisa menikmati gulai dan sate kambing layaknya makan sate di rumah sendiri," jelasnya.

Dilain pihak, Heri jurnalis dari media online mengatakan bahwa dirinya sudah dua kali menghadiri nyate bareng dengan Karutan dan Warga Binaan Rutan Situbondo.

"Idul Adha tahun kemari, saya juga diundang sama Kepala Rutan Situbondo untuk nyate bareng. Dan tahun ini, saya kembali di undang nyate bareng ratusan WBP Rutan Situbondo," kata Heri. (*)

Tags:

Momentum Idul adha Rutan Situbondo Gelar Nyate Bareng WBP Situbondo Hari Ini Situbondo Berita
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1