MotoGP India 2024 Batal, Kazakhstan Resmi Gantikan

Jurnalis: Samsul HM
Editor: M. Rifat

31 Mei 2024 02:31 31 Mei 2024 02:31

Thumbnail MotoGP India 2024 Batal, Kazakhstan Resmi Gantikan Watermark Ketik
Sokol International Racetrack, Almaty jadi venue GP Kazakhstan September mendatang. (Foto: MotoGP.com)

KETIK, JAKARTA – Balapan MotoGP India 2024 resmi batal. Sebagai gantinya, Dorna selaku promotor MotoGP menunjuk Kazakhstan sebagai penyelenggara seri ke-14 musim ini pada 22 September mendatang.

Dilansir dari Crash, balapan GP India di sirkuit Internasional Buddh direncanakan baru comeback musim depan pada Maret 2025.

Sebelumnya, GP India direncanakan berlangsung pada 22 September 2024. Situs MotoGP sudah mengkonfirmasi bahwa tanggal itu akan digantikan oleh GP Kazakhstan.

GP Kazakhstan akan berlangsung di Sokol International Racetrack, Almaty. Sepekan berselang, GP Indonesia di sirkuit Mandalika menjadi seri selanjutnya yakni ke-15 pada 29 September.

Dorna menyebut pembatalan GP India karena kondisi cuaca yang diprediksi buruk pada September di negara itu. Tahun lalu, GP India berlangsung dalam kondisi suhu 33 derajat celcius, kelembaban 65 persen, dan panas trek mencapai 39 derajat celcius.

"Karena kondisi yang tidak menentu dan mengancam jalannya balapan, kami harus mengambil keputusan ini," tulis Dorna dalam rilis resmi.

Keputusan membatalkan MotoGP India setelah Dorna mendapatkan saran dari pemerintah Uttar Pradesh, lokasi tempat sirkuit Internasional Buddh.(*)

Tags:

MotoGP GP India GP Kazakhstan GP Indonesia Mario Aji