Mudah Basi, Ini Cara Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

4 Juni 2024 23:20 4 Jun 2024 23:20

Thumbnail Mudah Basi, Ini Cara Menyimpan Tahu Agar Tahan Lama Watermark Ketik
Ilustrasi Tahu. (Foto: Freepik.com)

KETIK, JAKARTA – Tahu merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, bahkan makanan ini tidak pernah absen disajikan di atas meja makan. Tahu yang terbuat dari kedelai mengandung beragam vitamin dan nutrisi penting bagi tubuh.

Namun dibalik itu semua tahu terkenal mudah basi dan tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Walaupun mungkin dapat disimpan di dalam kulkas, tahu dapat kehilangan tekstur dan rasanya.

Berikut ini kami ulas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan tahu agar tahan lama.

1. Cuci dengan air mengalir

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci tahu sampai bersih dengan air mengalir. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia yang menempel pada tahu. Pastikan untuk membersihkan tahu dengan lembut dan teliti, terutama jika kamu membelinya dalam kemasan yang sudah dibuka.

2. Masukan dalam air mendidih

Setelah membersihkan tahu langkah selanjutnya adalah merebus tahu di air mendidih. Air mendidih akan membantu menghilangkan bakteri dan mikroorganisme lain yang dapat mempercepat proses pembusukan tahu.

3. Tambahkan sedikit garam

Setekah dimasukkan ke dalam air mendidih jangan lupa untuk tambahkan sedikit garam. Garam memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada tahu. 

4. Rebus tahu selama 5 menit

Setelah menambahkan garam, masukkan tahu ke dalam air mendidih dan rebus selama sekitar 5 menit. Proses merebus ini tidak hanya membantu membersihkan tahu secara menyeluruh, tetapi juga membunuh mikroorganisme yang dapat menyebabkan pembusukan. 

5. Tiriskan dan simpan dalam wadah tertutup

Setelah selesai merebus segera tiriskan tahu dan simpan dalam wadah tertutup. Penyimpanan dalam wadah tertutup akan membantu mencegah kontaminasi dari udara dan bakteri di sekitarnya. Selanjutnya, letakkan wadah tahu dalam kulkas untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya.(*)

Tags:

Kuliner tahu Cara Penyimpanan fresh Wadah Kedap Udara kulkas
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1