Mudik dan Balik Lebaran, Flyover Djuanda Dibuka, Ini Skema Lalu Lintasnya

Editor: Fathur Roziq

2 April 2024 14:17 2 Apr 2024 14:17

Headline

Thumbnail Mudik dan Balik Lebaran, Flyover Djuanda Dibuka, Ini Skema Lalu Lintasnya Watermark Ketik
Flyover Djuanda dibuka oleh BBPJN mulai hari ini Selasa, 2 April 2024 hingga 19 April 2024. (Foto; Istimewa)

KETIK, SIDOARJO – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali membuka akses Flyover Djuanda. Mulai Selasa (2/4/2024), jembatan layang 858 meter untuk dua jalur itu difungsikan untuk memperlancar arus lalu lintas selama Lebaran 1445 H.

Pembukaan Flyover Djuanda itu dilakukan secara fungsional. Mulai Selasa pukul 10.00 hingga selama arus mudik dan arus balik pada 19 April 2024.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, BBPJN Jawa Timur-Bali sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sidoarjo terkait pembukaan Flyover Djuanda itu. Terutama terkait rekayasa lalu lintas di lokasi. Sebab, perlu penyesuaian pengaturan lalu lintas dengan jalur-jalur lain yang terakses dengan Flyover Djuanda.

BBPJN Jawa Timur-Bali juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo dan Polresta Sidoarjo untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan rekayasa lalu lintas di Flyover Djuanda ini.

’’Rekayasa arus lalu lintas ini diharapkan memperlancar akses pemudik dalam perjalanan menuju kampung halaman saat Lebaran ini,’’ ujar Gus Muhdlor, panggilan Bupati Ahmad Muhdlor Ali.

Gus Muhdlor mengingatkan pengguna jalan dan masyarakat agar tetap patuh pada rambu-rambu lalu lintas. Baik pengguna roda dua, roda empat, atau lebih. Semua demi keselamatan bersama.  

’’Tetap berhati-hati di jalan. Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada untuk keselamatan bersama,’’ tutur Gus Muhdlor.

Foto Rekayasa arus lalu lintas di sisi barat Flyover Djuanda (Foto: Istimewa)Rekayasa arus lalu lintas di sisi barat Flyover Djuanda (Foto: Istimewa)

 

Bagaimana jalur rekayasa lalu lintas untuk fungsional Flyover Djuanda itu. Berikut alurnya.

Kendaraan dari arah Sidoarjo yang menuju Sidoarjo dilewatkan ke Jalan Frontage Sidoarjo--Surabaya sisi luar, putar balik depan RS Mitra Keluarga, atau melewati Frontage Road Sidoarjo--Surabaya sisi dalam, lalu putar balik SPBU.

Adapun kendaraan dari arah Sidoarjo menuju Surabaya  melewati Frontage Road Sidoarjo--Surabaya sisi luar. Kemudian,  kendaraan darah Sidoarjo menuju Bandara Juanda melewati Flyover A lalu ke arah Bandara Juanda.

Uji coba Flyover Djuanda ini juga pernah dilakukan pada 15 Desember 2023 hingga 21 Desember 2023. Waktu itu bertujuan mendukung kelancaran lalu lintas selama arus mudik dan arus balik selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Flyover Djuanda ditutup kembali setelah 2 Januari 2024 selesai libur Nataru.

Flyover Djuanda memiliki panjang bentang total 858 meter untuk dua jalur. Masing-masing jalur  Sidoarjo—Juanda sepanjang 435 meter dan Juanda--Surabaya sepanjang 423 meter. Lebar jalur Flyover Djuanda sekitar 9 meter. (*)

 

 

Tags:

Mudik Lebaran sidoarjo Flyover Djuanda Flyover juanda Gus Muhdlor Bupati Muhdlor BBPJN Jatim-Bali Bandara Juanda