Mulai dari Pantai hingga Sejarah, Inilah Beragam Destinasi Wisata di Ambon

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

3 Maret 2024 16:44 3 Mar 2024 16:44

Headline

Thumbnail Mulai dari Pantai hingga Sejarah, Inilah Beragam Destinasi Wisata di Ambon Watermark Ketik
Pantai Pintu Kota. (Foto: Potretmaluku.id)

KETIK, AMBON – Provinsi Maluku dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terdiri dari beragam pulau, Maluku memiliki beragam pesona yang menakjubkan dan menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Salah satu wilayah Maluku yang bisa dimasukan list untuk dikunjungi adalah Kota Ambon. Berstatus sebagai ibu kota, Ambon merupakan pusat pemerintahan dan kebudayaan di Provinsi Maluku.

Kota Ambon terkenal akan wisata pantainya yang indah dan juga wisata sejarah. Oleh sebab itu Kota Ambon bisa menjadi pilihan tepat untuk pengalaman wisata yang lengkap dan berbeda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pilihan destinasi wisata di Kota Ambon:

1. Jembatan Merah Putih

Berkunjung ke Kota Ambon tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jembatan Merah Putih. Jembatan yang menghubungkan Poka dan Galala ini dikenal memiliki pemandangan yang indah. 

Foto Jembatan Merah Putih. (Foto: exploremaluku)Jembatan Merah Putih. (Foto: exploremaluku)

Banyak masyarakat ataupun wisatawan yang mengabadikan momen liburan dengan latar belakang Jembatan Merah Putih. 

2. Benteng Ferangi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Kota Ambon terkenal akan wisata sejarahnya, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Benteng Ferangi.

Benteng ini dibangun pada masa kolonial oleh Bangsa Portugis pada tahun 1575. Benteng ini juga dikenal dengan nama Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha.

Benteng Ferangi merupakan salah satu penyebab berdirinya Kota Ambon. Saat masih digunakan, benteng ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan oleh penjajah Portugis.

3. Pantai Pintu Kota

Tempat wisata di Ambon bernuansa alam yang sudah terkenal adalah Pantai Pintu Kota. Bukan sekedar pantai biasanya, melainkan pantai ini memiliki karang raksasa.

Hal unik dari karang ini adalah keberadaan lubang di bagian tengahnya yang membuat wisatawan bisa melihat pemandangan laut banda yang memesona.

4. Pantai Liang

Berjarak 30 km dari Kota Ambon, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cantik dan indah. Selain itu pantai ini juga memiliki akses menuju pelabuhan, sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai lokasi piknik. 

Selain menikmati keindahan Pantai Liang, pengunjung juga bisa berburu beragam kuliner sambil menikmati pemandangan pantai yang asri.

5. Pulau Molana

Pulau Molana merupakan pulau tropis yang memiliki pesona hijau yang sangat memukau. Di tempat ini, terdapat tanaman bakau dan pepohonan yang rindang.

Pulau Molana juga memiliki air laut yang jernih sehingga pengunjung bisa melihat jelas keindahan terumbu karang, koral dan kehidupan biota laut di dalamnya.

Selain itu, pulau ini memiliki hamparan pantai dengan pasir putih lembut yang cocok untuk menikmati momen liburan bersama orang terdekat.(*)

Tags:

Maluku Ambon wisata sejarah Pantai Jembatan merah putih Pantai Pintu Kota Pulau Molana