Nama Rizal Ramli Masuk Radar Capres-Cawapres Pilihan Partai Buruh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

16 September 2023 07:41 16 Sep 2023 07:41

Thumbnail Nama Rizal Ramli Masuk Radar Capres-Cawapres Pilihan Partai Buruh Watermark Ketik
Dr Rizal Ramli saat berorasi di antara demonstrasi bersama para buruh beberapa waktu lalu.(Dok.Partai Buruh)

KETIK, JAKARTA – Nama Dr Rizal Ramli masuk radar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Buruh dalam agenda konvensi Capres dan Cawapres yang akan didukung mereka pada Pilpres 2024 mendatang.

Rizal ada di antara enam nama tokoh. Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Said Iqbal, Najwa Shihab dan Rocky Gerung.

Enam nama itu bakal diusulkan serikat buruh dan pengurus partai di 38 provinsi dalam konvensi pada 13 September 2023 hingga 9 Oktober 2023 mendatang.

Dilansir dari Kompas.com, Presiden Partai Buruh Said Iqbal menjelaskan keenam nama bakal capres yang akan diundang dalam konvensi Partai Buruh merupakan hasil pencermatan dari Februari hingga September 2023.

"Mulai hari ini kami akan kirimkan surat undangan untuk para kandidat Capres-Cawapres yang diusulkan buruh untuk ikut konvensi," ujar Said saat jumpa pers, Rabu (13/9/2023) lalu. 

Said menjelaskan, dalam tahapan konvensi Partai Buruh akan bekerja sama dengan kampus-kampus untuk mengetahui gagasan dari para masing-masing kandidat. 

Sebelum masuk ke tahapan itu, juga ada tahap penjaringan dan kesediaan yang dilakukan mulai 13 hingga 20 September.

Hal ini untuk mengetahui sikap dari para kandidat apakah bersedia menjadi Capres-Cawapres yang akan didukung Partai Buruh. 

Setelah lolos Capres-Cawapres yang didukung Partai Buruh akan diundang dalam acara besar pada 9 Oktober 2023 di Gelora Bung Karno. 

Said menyatakan dalam hitungannya akan ada 6,5 hingga 10 juta suara kepada Capres-Cawapres terpilih dalam konvensi. 

"Ketika Partai Buruh mengumumkan Capres semua biaya dari kita sendiri. Nanti kita umumkan Capres di Gelora Bung Karno ada 150 ribu buruh dari Indonesia akan datang di Gelora Bung Karno pada 9 Oktober 2023," ujar Said. 

Setelah Capres dari Partai Buruh diumumkan akan ada 6,5 hingga 10 juta dukungan suara dari Buruh. 

"Mudah-mudahan itu bisa menambah suara Capres yang dipilih Partai Buruh. Kalau ada serikat-serikat buruh yang mengambil posisi berbeda dengan Partai Buruh percaya sama saya itu kecil," jelas Said Iqbal.(*)

Tags:

Dr Rizal Ramli Partai Buruh Pilpres 2024 Konvensi Capres cawapres