Nelayan Asal Besuki Situbondo Selamat setelah Terombang-ambing 20 Jam di Tengah Laut

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Naufal Ardiansyah

2 Maret 2024 21:33 2 Mar 2024 21:33

Headline

Thumbnail Nelayan Asal Besuki Situbondo Selamat setelah Terombang-ambing 20 Jam di Tengah Laut Watermark Ketik
M. Jalil saat tiba di darat, daerah pantai pesisir Besuki Situbondo. (Foto: Istimewa)

KETIK, SITUBONDO – Seorang nelayan bernama M. Jalil, warga KP Gudang RT 002 RW 002, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, mengalami lost contact dan terombang-ambing saat berada di Perairan Gending Probolinggo, pada Jumat (1/2/2024).

Beruntung, nelayan yang usianya 41 tahun tersebut bertemu dengan nelayan lain dan diantar pulang hingga ke rumahnya.

Kasatpolairud Polres Situbondo, AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan, pada Jumat 1 Maret 2024 sekitar pukul 02.00 WIB, M Jalil berangkat melaut dari perairan Besuki Situbondo hingga ke Perairan Suramadu menggunakan perahu fiber warna Biru Muda dengan nama Lancar Rezeki. 

Foto M. Jalil yang telah berada di rumahnya di KP. Gudang RT.002 RW.002, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.M. Jalil yang telah berada di rumahnya di KP. Gudang RT.002 RW.002, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.

Namun ketika hendak pulang dari perairan Suramadu ke Perairan Situbondo, tepatnya di perairan Gending, mesin perahu milik M Jalil mati sehingga M Jalil terombang ambing di tengah laut selama kurang lebih 20 jam. 

“Saat perahu M Jalil terombang ambing di tengah laut di perairan Gending Probolinggo kondisi cuaca saat itu hujan lebat dan angin kencang,” kata AKP Gede.

Di saat perahunya terombang-ambing di perairan itu, bekal yang dibawa M. Jalil habis dan dia terpaksa minum air hujan untuk bertahan hidup. 

Agar perahu bisa jalan ke arah Timur, M. Jalil menggunakan sarung sebagai layar. 

"Beruntung, pada pukul 10.00 WIB pagi tadi, M. Jalil bertemu nelayan bernama Monik, asal Dusun Mandaran, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo,” kata AKP Gede. 

Kemudian, perahu M. Jalil ditarik dengan menggunakan perahu Monik dan membawa M. Jalil hingga ke darat di Desa Pesisir. 

Setelah sampai di tujuan, kemudian M. Jalil diantar pulang oleh Monik ke rumahnya.

“Saat tiba di rumahnya, M. Jalil diperiksa petugas medis Puskesmas Besuki dan di nyatakan bahwa kondisi M. Jalil baik-baik,” kata AKP Gede.

Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede menghimbau kepada seluruh nelayan, jika melaut tidak sendirian dan agar membawa handpone, sehingga saat ada trouble bisa menghubungi keluarga guna mempermudah pencarian dan pertolongan. (*)

Tags:

Nelayan Besuki Lost Contack Terombang Ambing Tengah Laut Polres Situbondo Satpolairud selamat