Ngopi sambil Merendam Kaki hanya di Sini Tempatnya

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

27 Juni 2023 18:11 27 Jun 2023 18:11

Thumbnail Ngopi sambil Merendam Kaki hanya di Sini Tempatnya Watermark Ketik
Pengunjung bisa merendam kaki saat menyantap hidangan makan atau minuman di Wisata Sumber Biru, Jombang. (Foto: Instagram @wisata_sumber_biru)

KETIK, JAKARTA – Tidak perlu takut terseret arus saat berkunjung ke kafe di atas aliran sungai. Pihak pengelola sudah dilatih mitigasi apabila terjadi insiden. Malahan kafe di atas aliran sungai memberi pengalaman menarik dan kini tengah hits.

Di Jawa Timur cukup banyak kafe dengan konsep natural, yang salah satunya adalah di atas sungai. Berikut pilihan yang pas mengisi liburan Anda:

Wisata Sumber Biru

Kabupaten Jombang sangat terkenal dengan buah durian dan kopi ekselsa asal Desa Wonosalam. Tidak jauh dari pusat kopi dan durian terdapat kafe yang sedang happening, di lereng Gunung Anjasmoro.

Kafe yang dimaksud adalah Wisata Sumber Biru, di Dusun Wonotirto. Anda bisa merendam kaki atau bermain air saat makan dan minum. Aliran sungai cukup tenang sehingga aman buat keluarga yang membawa anak-anak.

Pihak pengelola juga memberi tempat di daratan, atau di bawah rindangnya pohon. Tak ketinggalan terdapat gazebo bila ingin menikmati kesejukan udara pegunungan. Ajaklah anak Anda untuk belajar memerah susu sapi dan berkebun di lokasi ini.

Petung Park

Lokasi kafe di atas air berikutnya adalah Petung Park, yang berada di Jibru, Belik, Trawas, Kabupaten Mojokerto. Tempatnya cukup luas untuk memanjakan mata dengan view sawah, bukit, pegunungan, dan aliran sungai yang cukup segar.

Terdapat bangunan utama berbahan bambu serta gubuk-gubuk di atas aliran sungai. Sementara sumber air berasal dari pegunungan untuk dialirkan ke sawah warga. Nah, jangan buang makanan sembarangan.

Cukup banyak bikers asal Surabaya maupun Malang finish di Petung Park untuk sekadar makan atau menguji kemampuan di medan tanjakan.

Kebun Salak

Diberi nama demikian, lantaran di sekitarnya terdapat kebun salak. Itu sebabnya kafe ini diberi nama Kebun Salak yang berada di Desa Gemaharjo, Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

Tempat ini sangat hits di teling anak-anak muda Trenggalek. Sebab konsep kafe yang ditawarkan masih jarang dijumpai, termasuk di Kota Gaplek. Di tempat ini terdapat beberapa joglo maupun gubuk yang berada di tepi sungai.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Trenggalek, salah satu menu paling banyak dipilih adalah botok ikan laut. Terdapat pula lodeh lompong, urap-urap, dan nasti tiwul. (*)

Tags:

Jombang kafe di atas air trenggalek Kabupaten Mojokerto Wisata Sumber Biru healing wisata