Organisasi Adat Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Anak Lipu Bacan Resmi Dilantik, Beberkan Program Berbasis Kearifan Lokal

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

21 Juli 2024 16:02 21 Jul 2024 16:02

Thumbnail Organisasi Adat Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Anak Lipu Bacan Resmi Dilantik, Beberkan Program Berbasis Kearifan Lokal Watermark Ketik
Hi. Sanusi saat acara pengukuhan dan penyerahan Bendera Pataka oleh Sekda Safiun Radjulan (20/7/2024). (Foto: Sarjan Taib For Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Pengurus organisasi adat Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Ompu Anak-anak Lipu Bacan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) masa bakti 2024-2029 resmi dilantik Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba pada Sabtu (20/7/2024).

Hadir dalam pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Halsel Safiun Radjulan mewakili Bupati selaku pembina adat mengukuhkan Pengurus organisasi kemasyarakatan yang berbasis adat tersebut.

Hadir pula sejumlah perwakilan organisasi pers, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, beberapa OPD, serta tamu undangan lainnya.

Dalam pelantikan tersebut, Safiun Radjulan mengukuhkan Dano Hi. Sanusi Iskandar alam sebagai ketua Umum pengurus Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Anak-anak Adat Lipu Bacan.

Hi. Sanusi di kesempatan itu mengungkapkan rasa terima kasih. Dia mengatakan, dalam waktu singkat, organisasi adat yang dipimpinnya bakal menyusun program yang berhubung dengan pelestarian sejarah terhadap generasi muda mendatang.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba, juga kepada Sekda Safiun," kata Hi. Sanusi.

"Untuk itu, dalam waktu yang singkat, kami akan menyusun program-program yang berhubungan dengan nilai-nilai sejarah untuk dilestarikan. Dengan tujuan untuk dapat diketahui oleh masyarakat terutama pada generasi muda khususnya di Lipu Bacan," sambungnya.

Menurut Hi. Sanusi, program yang disusun, bakal dikolaborasikan dan disingkronkan dengan program pemerintah daerah di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halsel.

Selain itu, program berbasis kearifan lokal itu juga akan dipadupadankan dengan visi dan misi Pemda Halsel.

Hi. Sanusi berharap, hal-hal yang dicetuskan di pengurus Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Anak Lipu Bacan dapat berdaya saing dan memiliki tempat tersendiri menuju senyum Halmahera Selatan.

"Program ini diharapkan dapat mewujudkan senyum Halmahera Selatan maju dalam bingkai kearifan lokal," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

pelantikan Pengurus Palimpungang Ompu Bangsa Nang Ompu Anak-anak Adat Organisasi Adat bacan halmahera selatan Hi. Sanusi Iskandar alam Ketua Umum