Panitia Haji Embarkasi Surabaya: 7 Jemaah Haji Jatim Meninggal di Tanah Suci

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

9 Juni 2024 00:07 9 Jun 2024 00:07

Thumbnail Panitia Haji Embarkasi Surabaya:  7 Jemaah Haji Jatim Meninggal di Tanah Suci Watermark Ketik
Jemaah Haji Jawa Timur jelang keberangkatan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (8/6/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyebut tercatat dalam pemberangkatan ibadah haji hingga saat ini 12 jemaah masih tertunda keberangkatannya.

Dari jumlah itu, ada 7 jemaah haji yang meninggal di Tanah Suci. “Hari ini, Sabtu (8/6/2024), kita mendapatkan kabar duka dari tanah suci. Ada dua jemaah haji Jawa Timur yang wafat di Makkah yaitu Pasikin Sarbidin (71) dari kloter 3 Kabupaten Bojonegoro dan Choesnijah M. Cholil (85) dari kloter 86 Kabupaten Sidoarjo,” terang Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris.

Pasikin Sarbidin adalah jemaah haji asal Dusun Soko, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Almarhum wafat sekitar pukul 11.05 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sedangkan Choesnijah M. Cholil adalah jemaah haji asal Dusun Menyanggong, Kletek, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Almarhumah wafat di RS Annur, Makkah.

Dengan bertambahnya dua jemaah wafat, total ada tujuh jemaah haji Embarkasi Surabaya wafat di Tanah Suci.

Dari 12 jemaah tersebut, empat orang sedang mendapat perawatan di RSUD Haji, tiga orang sedang menunggui slot penerbangan setelah sembuh dari sakit, dan lima orang adalah pendamping.

“Saat ini, permintaan visa sudah tutup sehingga tidak memungkinkan adanya penambahan jemaah baru. Semoga para jemaah yang masih dirawat di RS Haji segera sembuh dan dapat kita berangkatkan di kloter pamungkas atau kloter 106 sehingga tidak ada penambahan open seat,” tutur Haris.

Selain tertunda di asrama haji, Haris menerangkan ada 14 jemaah yang kembali ke daerah asal setelah sempat menjalani proses pemberangkatan di asrama haji dengan rincian, 11 jemaah sedang sakit, 2 jemaah merupakan pendamping dan satu jemaah hamil dengan usia kandunagn kurang dari 14 minggu.

Hingga sore ini, Sabtu (8/6/2024), Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes) telah memberangkatkan 99 kloter yang berjumlah 36.702 orang.

Jumlah ini terdiri dari 36.207 jemaah dan 495 petugas. Dengan demikian, total yang sudah diberangkatkan sudah mencapai 94 persen.

Hari ini (8/6/2024) ada tiga kloter yang masuk asrama haji, yaitu kloter 100 dari Kabupaten Bangkalan, kloter 101 merupakan gabungan Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sidoarjo, serta kloter 102 merupakan gabungan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

Pada Minggu (9/6/2024) merupakan hari terakhir kedatangan jemaah haji ke AHES. Ada empat kloter yang dijadwalkan akan tiba.

Mereka yakni kloter 103, kloter 104, dan kloter 105 dari Kabupaten Pamekasan, serta kloter pamungkas atau kloter 106 yang merupakan gabungan dari Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik. (*)

Tags:

Haji 2024 ibaah Haji Jamaah Haji asal Jatim 7 jamaah haji asal Jatim meninggal Jawa timur jatim