Panjat Tebing Gresik dan Kota Blitar Bersaing Meraih Peringkat Dua Klasmen

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

14 September 2023 10:34 14 Sep 2023 10:34

Thumbnail Panjat Tebing Gresik dan Kota Blitar Bersaing Meraih Peringkat Dua Klasmen Watermark Ketik
M.Dito Fathurrozy atlet panjat tebing asal Kota Blitar beraksi dalam kelas Boulder, Kamis (14/9/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Gresik dan Kota Blitar bersaing dalam perebutan medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim 2023. Gresik berhasil menggusur Kota Probolinggo setelah memperoleh medali emas dan perak.

Emas disumbang Alma Ariella Tsany di kategori lead perorangan putri. Keberhasilan itu sekaligus mengungguli rekannya Mayra Azalia Nabila yang harus puas dengan perak.

Hingga hari keempat, FPTI Gresik mengoleksi 16 poin berkat tiga emas, satu perak dan dua perunggu. Untuk sementara, capaian itu tertinggal tujuh angka dari FPTI Surabaya yang berada di posisi puncak.

Di sisi lain, keberhasilan FPTI Kota Blitar menambah satu perak dan dua perunggu kategori lead perorangan putri dan boulder perorangan putra sudah cukup merebut kembali posisi keempat. Posisi ini sebelumnya direbut FPTI Ponorogo usai merebut emas speed classic mix.

“Sebetulnya target kami bisa merebut emas di kategori boulder perorangan putra. Cedera jari tangan Ferdy Andreansyah membuatnya tidak tampil maksimal,” kata tim manajer FPTI Kota Blitar, Wisnu Susanto, Kamis (14/9/2023).

Namun demikian, ia mengaku bersukur bisa berada di posisi empat besar dengan sembilan poin. Menurutnya, realisasi saat ini sudah sesuai dengan target yang ditetapkan KONI Kota Blitar.

“Hasil ini sudah cukup bagus, sekaligus memperbaiki hasil Porprov sebelum-sebelumnya. Seingat saya antara peringkat 6-7,” Wisnu menambahkan.

FPTI Kota Blitar merebut perak dan perunggu kategori boulder putra atas nama Ferdy dan M.Dito Fathurrosy. Sedangkan perunggu didapat Sisilia Putri Kusuma kategori lead parorangan putri. 

Hingga hari keempat, FPTI Surabaya masih kokoh di pucuk klasemen dengan 29 poin, disusul Gresik (16 poin), Kota Probolinggo (15), Kota Blitar (9), Ponorogo (7), Tuban (4), Kota Kediri dan Banyuwangi sama-sama mengoleksi satu poin.

Klasemen diperkirakan masih memungkinkan berubah, mengingat hari ini memperebutkan emas kategori boulder perorangan putri dan lead perorangan putra.

FPTI Probolinggo hanya terpaut satu poin dengan Gresik. Sementara persaingan Kota Blitar dan Ponorogo masih sengit. FPTI Kota Kediri juga berpeluang merebut emas lead perorangan putra, untuk memperbaiki posisi. 

“Mudah-mudahan Kota Blitar bisa memperbaiki peringkat, karena peluang dari boulder poerorangan putri dan olympic putra dan putri masih terbuka lebar,” pungkas Wisnu. (*)

Tombol Google News

Tags:

FPTI Jatim Porprov Jatim 2023 Porprov Jatim jatim Jawa timur