Pasar Bunga Splendid, Wisata Belanja Ikonik di Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

10 Juli 2023 11:06 10 Jul 2023 11:06

Thumbnail Pasar Bunga Splendid, Wisata Belanja Ikonik di Kota Malang Watermark Ketik
Suwarti, salah satu pedagang bunga di Pasar Splendid (foto: Lutfia/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kota Malang menyimpan destinasi wisata belanja yang ikonik bagi para pecinta bunga. Pasar Bunga Splendid, yang terletak di Jalan Brawijaya, menjadi surga bagi penggemar beragam varian bunga dan tanaman lainnya.

Puluhan pemilik kios meletakkan tanaman secara berjejeran. Membuat tampilan Pasar Bunga Splendid bak hutan kecil dengan pemandangan yang menyegarkan mata.

Salah satu pedagang di Pasar Bunga Splendid, Suwarti mengaku  berjualan sejak tahun 70an. Dagangannya cukup beragam, mulai sari sayuran, bunga, bibit buah-buahan, dan sebagainya. 

Kendati minat pembeli sangat beragam, namun jenis tanaman hias yang paling banyak dicari ialah bunga hortensia, krisan, dan mawar.

Foto Suasana di Pasar Bunga Splendid yang segar dan asri (foto: Lutfia/ketik.co.id)Suasana di Pasar Bunga Splendid yang segar dan asri (foto: Lutfia/ketik.co.id)

Bunga-bunga yang dia jual diperoleh dari berbagai daerah seperti Kota Batu, Kediri, Gresik, Jember, dan lainnya.

"Saya tidak budidaya sendiri, karena lahannya tidak ada. Jadi ambil dari macam-macam daerah, tergantung yang punya tanamannya dari mana," ujarnya saat ditemui di kiosnya, Senin (10/7/2023).

Menurutnya, ramai atau tidaknya pembeli tidak dapat dipastikan. Namun biasanya Pasar Bunga Splendid paling ramai pada akhir pekan maupun masa-masa liburan. 

Menariknya, selama pandemi COVID-19, penjualan di Pasar Bunga Splendid justru tidak mengalami penurunan. Hal tersebut menunjukkan minat masyarakat terhadap tanaman hias tetap tinggi meskipun dalam situasi sulit.

"Saat pandemi penjualan malah tidak turun. Malah rame saat pandemi daripada sekarang ini. Mungkin karena orangnya tidak berpergian, jadi ke pasar bunga," lanjutnya.

Penjualan tanaman miliknya juga tidak dapat diprediksi. Terkadang dalam sehari ia dapat menjual 10 tanaman, atau juga tidak ada penjualan sama sekali.  

"Sehari tidak tentu jualnya. Kadang 10 pot, kadang lebih, kadang juga tidak laku. Namanya orang berjualan kan tidak tentu," ungkap Suwarti.

Kendati demikian, Pasar Bunga Splendid tetap menawarkan pengalaman belanja yang menyenangkan. Pasar ini menjadi daya tarik bagi wisatawan maupun warga lokal untuk menjelajahi dunia tanaman di Kota Malang. 

Tak hanya itu, persis di samping pasar bunga juga terdapat Pasar Hewan Splendid. Di sana, pengunjung dapat menjumpai dan melakukan penawaran terhadap beragam hewan yang dijual. Mulai dari burung, ikan, ayam, hamster, kelinci, dan jenis hewan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Splendid Pasar Bunga Splendid Wisata Kota Malang Wisata Belanja Kota Malang