Paswascam Pasirjambu Berhasil Cegah Beberapa Potensi Pelanggaran Pemilu

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

30 Januari 2024 18:38 30 Jan 2024 18:38

Thumbnail Paswascam Pasirjambu Berhasil Cegah Beberapa Potensi Pelanggaran Pemilu Watermark Ketik
Komisioner Panwascam Pasirjambu. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Paswascam) Pasirjambu Kabupaten Bandung menggelar rapat koordinasi terkait penguatan kelembagaan jelang pemilu 2024, di Desa/Kec. Pasirjambu Selasa (30/1/2024).

Ketua Panwascam Pasirjambu Agus Syarif Hidayat, menjelaskan rakor antara lain berupa pembinaan dari Bawaslu Kabupaten Bandung dan akademisi yang membahas strategi dalam proses pengawasan di masa kampanye.

"Melalui rakor ini mudah-mudahan masyarakat bisa mempergunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk masa kampanye dia bisa benar-benar melihat calon-calon yang akan dia pilih, bagaimana cara pencoblosannya, sehingga warga masyarakat yang dalam melaksanakan hak pilihnya itu jadi tidak bingung dan bisa menggunakan hak pilih ini sebaik-baiknya," ungkap Agus.

Senada dengannya, Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Panwascam Pasirjambu, Rizky Dwi Rahadian menambahkan, pihaknya berharap masyarakat turut ikut berperan aktif membantu mengawasi, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan.

"Soalnya SDM Bawaslu itu terbatas, sehingga apabila masyarakat turut ikut berperan aktif membantu mengawasi, tentu akan lebih memudahkan kami dalam melakukan pengawasan," imbuh Rizky. Ia mengaku sejauh ini belum menemukan kendala yang berarti selama masa kampanye di Kecamatan Pasirjambu.

Sementara Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwascam Pasirjambu, Lusi Martiyani mengatakan hingga sejauh ini di kecamatan Pasir jambu belum ada pelanggaran yang ditangani pihaknya.

"Karena kita mengutamakan tahap pencegahannya sehingga alhamdulillah belum ada penanganan pelanggaran atau penyelesaian sengketa yang ditindak," kata Lusi. 

Lusi mengungkapkan ada tiga upaya pencegahan yang sudah dilakukan pihaknya di Kecamatan Pasirjambu di masa kampanye, sehingga dapat dicegah dan tidak sampai terjadi pelanggaran.

"Harapan kami di tahap kampanye ini kita sukses dan tahapan kampanye berjalan dengan lancar aman dan tertib," ucap Lusi. (*)

Tags:

PANWASCAM pemilu 2024 pileg 2024 kampanye