Paus Emeritus Benekdiktus Meninggal di Usia 95 Tahun

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

2 Januari 2023 12:51 2 Jan 2023 12:51

Thumbnail Paus Emeritus Benekdiktus Meninggal di Usia 95 Tahun Watermark Ketik
Paus Emeritus Benediktus. (Foto: catholic-ew.org) 

KETIK, JAKARTA – Mantan Paus Benediktus XVI meninggal dunia di usia 95 tahun pada Sabtu (31/12/2022). Paus Benediktus meninggal di kediamannya setelah kesehatannya dikabarkan terus memburuk belakangan ini. Namun, Vatikan sempat menyebut Paus Benediktus XVI dalam kondisi "stabil" dan bisa beristirahat dengan baik. 

"Dengan rasa duka, kami memberi tahu bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," kata Vatikan dalam sebuah pernyataan.

Meninggalnya Paus Emeritus Benediktus XVI membawa kesedihan bagi umat Katolik di seluruh dunia. Dalam detik-detik terakhirnya sebelum wafat, Benediktus mengungkapkan kata-kata terakhirnya sebelum berpulang ke rumah Bapa di Sorga. 

"Tuhan, aku mencintaimu," kata seorang perawat yang membantu merawat mantan paus itu di jam-jam terakhirnya. 

Uskup Agung Georg Gaenswein, seorang prelatus Jerman yang tinggal di biara Vatikan tempat Benediktus tinggal, mengatakan bahwa perawat itu mendengar Benediktus mengucapkan kata-kata itu sekitar pukul 03.00 pagi, waktu setempat, pada hari Sabtu, 31 Desember 2022. Setelah itu, pensiunan paus itu meninggal pagi itu juga.

“Benediktus XVI, dengan suara lemah tetapi dengan cara yang sangat berbeda, berkata dalam bahasa Italia, 'Tuhan, aku mencintaimu," ujar Gaenswein kepada media resmi Vatikan. 

“Saya tidak ada di sana pada saat itu, tetapi perawat itu menceritakannya beberapa saat kemudian,” kata uskup agung itu. 

"Itu adalah kata-kata terakhirnya yang bisa dipahami, karena setelah itu, dia tidak bisa lagi mengekspresikan dirinya," pungkasnya. (*)

Tags:

Emeritus Benediktus Paus meninggal Vatikan Uskup
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1