Pedagang Kaki Lima Diajak Ramaikan Car Free Day Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

18 Juni 2024 07:16 18 Jun 2024 07:16

Thumbnail Pedagang Kaki Lima Diajak Ramaikan Car Free Day Kota Batu Watermark Ketik
PKL yang ada di Car Free Day sekitar stadion Brantas Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Satpol PP bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kota Batu mengajak Pedagang Kaki Lima (PK) untuk berjualan di lokasi Car Free Day (CFD) tepatnya di Jalan Sultan Agung dan Stadion Gelora Brantas.

Terutama bagi PKL yang sebelumnya sempat terkena operasi penertiban karena berjualan di fasilitas umum, trotoar, dan bahu jalan.

"Kegiatan car free day merupakan wadah bagi para PKL agar mereka tidak lagi berjualan di tempat-tempat yang dilarang, sembari menunggu solusi lebih lanjut dari pemerintah," kata Kepala Satpol PP, Abdul Rais. 

Abdul Rais menyampaikan bahwa diizinkannya para PKL berjualan di lokasi car free day merupakan solusi terbaik bagi mereka. Rais juga meminta maaf jika pemerintah terpaksa melakukan razia demi menegakkan peraturan daerah serta menciptakan suasana Kota Batu yang nyaman dan tertib.

“Pemerintah ingin kota yang indah, tertib, dan nyaman bagi semua, baik masyarakat Kota Batu maupun wisatawan yang datang ke Kota Batu. Oleh karena itu, perlu kita jaga bersama, termasuk masyarakat dan PKL. Dengan berjualan sesuai ketentuan, akan sangat mendukung ketertiban kota,” ujarnya.

Abdul Rais menyebut telah dilakukan sosialisasi dan pengarahan kepada sekitar 80 PKL yang akan ditampung di lokasi car free day, Jumat (14/06/2024) lalu.

PKL ini berasal dari berbagai lokasi, di antaranya PKL yang biasa berjualan di tepi jalan-jalan protokol, Pasar Minggu pagi di samping balai kota, PKL sekitar stadion, SMAN 1 dan SMPN 1.

"Kami juga melakukan sosialisasi bagi PKL yang terkena razia dan mendaftarkan diri di Satpol PP Kota Batu," jelasnya.

Pada saat sosialisasi tersebut, pihak Diskumperindag juga mendata semua PKL yang hadir. Mereka juga diberi kartu anggota dan dibantu mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB). Dengan demikian, seluruh PKL tersebut telah terdata di database Diskumperindag. 

"Sehingga nantinya jadi lebih mudah untuk melakukan pembinaan dan meningkatkan status usaha mereka," tegas Abdul Rais 

Diketahui, car free day di Kota Batu kembali dimulai pada Minggu (9/6/2024) besok. Tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi warga Kota Batu karena CFD tersebut sempat vakum sejak 4 tahun terakhir. 

Car free day berlangsung di Sepanjang jalan Sultan Agung Kota Batu. Sebelumnya CFD dilaksanakan di Jalan Gajah Mada atau depan Alun-alun Kota Batu.(*)

Tags:

Kota Batu Car Free Day CFD Pedagang kaki lima Jalan Sultan Agung